Kamis, 01 Agustus 2013

Mengapa Nuzulul Qur’an di Indonesia Diperingati pada 17 Ramadhan?

lail

Seperti kita ketahui bahwa peringatan Nuzulul Qur’an di Indonesia sering diperingati pada 17 Ramadhan. Berbeda dengan peringatan Nuzulul Qur’an di beberapa Negara Arab. Sebagian besar negara Arab, hari turunnya al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an diperingati pada malam 27 Ramadhan. Sementara di Indonesia diperingati pada 17 Ramadhan. Berikut penjelasan KH M. Ishaq Isfiroyini, salah seorang tokoh NU seperti yang dilansir dari nu.or.id.

“Para ulama Arab sepakat, al-Qur’an turun pada tanggal 27 Ramadhan bertepatan dengan malam seribu bulan, lailatul qodar,” jelasnya saat memberikan taushiyah dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan oleh pimpinan ranting IPNU IPPNU Kranji, Kedungwuni, Pekalongan pada hari Kamis (25/7).

Ishaq Isfiroyini menjelaskan mengenai kata “anzalna” dan “nazzala” (kami menurunkan) dalam al-Qur’an memberikan pemahaman bahwa pada malam 27 Ramadhan, Allah menurunkan ayat untuk pertama kali yang berbunyi “Iqra’…” (Surat al-Alaq) kepada Nabi Muhammad SAW.

Sementara malam 17 Ramadhan dipahami sebagian ulama sebagai saat-saat di mana Nabi Muhammad SAW menyebarkan al-Qur’an kepada umatnya kala itu.

Bagaimana dengan peringatan Nuzulul Qur’an di Indonesia? Ia bercerita, mengapa di Indonesia nuzulul qur’an lebih familiar diadakan pada malam 17 Ramadhan?

“Itu kurang lebih karena dulu ketika Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya, bertepatan pada hari Jum’at tanggal 17 Ramadhan, atas saran Buya Hamka, presiden pertama Indonesia ini menggelar acara peringatan Nuzulul Qur’an sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia,” ungkap KH Isfiroyini.

Terlepas dari perbedaan itu, ia tetap mengajak umat Islam untuk mencintai dan mengamalkan al-Qur’an serta menyongsong Lailatul Qadar.

“Mari kita tingkatkan ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini, khususnya pada malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan. Semoga kita semua mendapatkan keutamaan Lailatu Qadar,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar