Minggu, 18 Agustus 2013

Inialh Rahasia Tidur Malam

Ilustrasi tidur di malam hari

Tidur malam adalah hal dasar yang mendukung kesehatan dan keawet-mudaan Anda. Fakta menunjukkan bahwa manusia lebih cepat mati jika tidak tidur daripada jika tidak makan. Namun apa sesungguhnya arti penting dari tidur malam itu? Dalam daur fisiologis, sepanjang malam dalam tubuh kita terjadi suatu proses detoksifikasi (netralisasi racun). Siklus tidur memiliki beberapa tahap detoksifikasi sebagai berikut:


1. Pada pukul 21.00 hingga 23.00 terjadi detoksifikasi pada kelenjar limpa
Fungsi limpa adalah mentransportasikan/mengedarkan makanan dan minuman keseluruh sel-sel tubuh. Dengan istirahat pada pukul 21.00 hingga 23.00 terjadi pembuangan racun dan regenerasi sel limpa, tidur akan membantu sistem imunitas tubuh.

2. Pada pukul 23.00 hingga 01.00 detoksifikasi pada hati
Fungsi hati adalah membersihkan darah dari racun dan limbah sisa metabolisme tubuh. Hati bertanggung jawab terhadap mata, tendon/urat, kuku dan darah merah. Bila fungsi hati lemah, tubuh tidak bisa membuang racun dengan sempurna. Tidur akan membantu kerja detoksifikasi racun dihati secara optimal.

3. Pada pukul 01.00 hingga 03.00 detoksifikasi dilakukan oleh empedu
Empedu memiliki fungsi penting yaitu Membantu pencernaan dan penyerapan lemak dan  Berperan dalam pembuangan limbah tertentu dari tubuh, terutama hemoglobin yang berasal dari penghancuran sel darah merah dan kelebihan kolesterol. Cara kerja terbaik bagi empedu adalah pada pukul 01.00 hingga 03.00 dini hari.

4. Pada pukul 03.00 hingga 05.00 detoksifikasi dilanjutkan oleh paru-paru
Paru-paru bertanggungjawab terhadap hidung, kulit, pori-pori tubuh, dan pita suara. Paru-paru membentuk energi vital dan merupakan sumber cairan tubuh bagian atas. Oleh sebab itu pada jam sekian orang kerap terbatuk lantaran banyak racun yang dibuang. Sebaiknya, bangun pagi-pagi melakukan olah nafas dan olah fisik seperti meditasi dan berdoa pada pukul 03.00 hingga 05.00, dapat membentuk kesehatan lahir dan batin secara optimal.

5. Pada pukul 05.00 hingga 07.00 adalah proses detoksifikasi usus
 Fungsi usus adalah untuk Penyerapan air dan mineral, Menghasilkan gas, dan Sintesis vitamin K. Pada pukul 05.00 hingga 07.00 adalah proses detoksifikasi usus, itulah momen terbaik untuk buang air besar (defekasi).

Oleh karena itu, tidak akan sama kualitas tidur siang dengan malam hari, walaupun jumlah jam tidur yang sama. Sebuah penelitian yang melibatkan 78.562 perawat selama 10 tahun oleh nurse’s health study menemukan resiko kanker payudara meningkat secara signifikan pada wanita post-menopause yang bekerja 30 tahun lebih pada shift malam dibandingkan mereka yang tidak pernah shift malam. Sedangkan pada wanita pre-menopause risiko itu sebesar 23%. Jadi manfaatkan malam untuk istirahat yang tepat ya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar