Senin, 26 Agustus 2013

Cara Anda Perlakukan Uang

bintancenter.blogspot.com - Kenapa Mata uang Indonesia Disebut Rupiah.

Cek perilaku Anda dalam mengelola keuangan berikut untuk mengetahui sejauh mana kebebasan finansial dapat Anda raih.

1. Apakah Anda mengetahui saldo rekening bank Anda?

A. Ya, sampai jumlah sen-nya
B. Tidak tahu persis, tapi kisaran angkanya saya masih ingat
C.  Tidak tahu, terakhir saya menggesek, saldonya tidak cukup

2. Apakah Anda memiliki dana darurat?

A. Saya memiliki simpanan yang tidak diganggu-gugat, sebesar 6 kali gaji bulanan.
B. Saya punya simpanan untuk berjaga-jaga dalam rekening operasional saya.
C. Saya hanya punya kartu kredit untuk berjaga-jaga

3. Apa filosofi Anda mengenai kartu kredit?

A. Gunakan sesuai rencana dan kebutuhan, serta lunasi tagihan tanpa menundanya.
B. Lumayan bisa menjadi sarana untuk memperoleh diskon dan membantu mencatat pengeluaran bulanan saya
C. Kartu kredit adalah kartu serba guna yang bisa meminjamkan saya uang dengan cicilan rendah pada saat mendesak

4. Bagaimana Anda mengecek pengeluaran Anda?

A. Saya selalu mengecek pengeluaran harian sampai jumlah terkecil.
B. Hanya setelah belanja besar saya baru menghitung sisa uang saya.
C. Saya hampir tidak pernah mengecek pengeluaran. Selama ada kartu kredit hidup saya aman.

5. Apakah Anda dan pasangan terbuka soal keuangan?

A. Kami memiliki rekening bersama untuk apapun, dan tak pernah melakukan pembelian besar tanpa diketahui satu sama lain.
B. Kami memiliki rekening bersama untuk membayar tagihan dan rekening terpisah untuk belanja masing-masing
C. Tidak. Saya dan pasangan sama-sama punya penghasilan sendiri dan bebas menghabiskannya sesuai keinginan masing-masing

6. Bagaimana Anda berinvestasi?

A. Saya tahu target investasi yang saya butuhkan dan paham betul risiko investasi yang saya pilih
B. Saat mendapat bonus saya segera menanamkannya dalam beberapa instrumen investasi walau tujuan belum spesifik
C. Saya lebih suka menabung saja karena cenderung aman tanpa risiko

7. Apakah Anda paham nilai asuransi yang Anda miliki?

A. Saya memilih produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan.
B. Nilai asuransi yang saya miliki kurang dari kebutuhan, tapi setidaknya saya ada pegangan.
C. Saya hanya membayar premi sesuai ketentuan dan tahu tanggal jatuh temponya.

8. Mana yang merupakan gaya belanja Anda saat melihat diskon?

A. Tidak selalu tertarik, saya selalu belanja sesuai kebutuhan
B. Masuk untuk melihat-lihat. Seringnya sih membeli barang di luar yang sudah direncanakan
C.Segera masuk toko memborong barang belanjaan. Mumpung diskon.

9. Bagaimana Anda mengelola utang?

A. Saya tidak pernah membuat utang baru selama utang yang saya miliki belum lunas.
B. Setidaknya saya membayar cicilan minimum.
C. Terkadang saya terpaksa berutang untuk melunasi utang.

Hasil:
Mayoritas A
Anda paham bagaimana mengelola keuangan untuk mencapai kebebasan finansial. Tapi berhemat bukan berarti menyiksa diri. Sedikit bersenang-senang dengan uang yang Anda miliki tidak salah kok selama tetap sesuai perencanaan.
Mayoritas B
Kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan sudah ada. Namun Anda mudah tergoda. Perdalam pengetahuan tentang investasi, proteksi, dan hal lain tentang pengelolaan uang agar target keuangan Anda tidak melenceng dari rencana.
Mayoritas C
Anda termasuk santai dalam mengelola keuangan. Memang menikmati masa sekarang sah-sah saja tapi berhati-hatilah, masa depan Anda tergantung pada perilaku Anda di masa sekarang.

sumber: http://www.goodhousekeeping.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar