Minggu, 11 Agustus 2013

Rata-rata Anak Usia 7 Tahun Sudah Mempunyai Ponsel



Sudah bukan fenomena aneh sekarang ini melihat pelajar SD menggunakan dan memiliki ponsel. Bahkan menurut penelitian terbaru, anak-anak sudah memiliki ponsel sejak usia tujuh tahun.

Penelitian yang dilakukan oleh situs MobilePhoneChecker.co.uk menunjukkan kalau penggunaan teknologi mobile seperti ponsel oleh kebanyakan anak muda sekarang ini disebabkan pemberian ponsel di usia dini yakni tujuh tahun ke atas.

Situs tersebut menemukan hampir tiga perempat orang tua yang menjadi peserta penelitian mengaku memberikan ponsel ke anak-anaknya dengan alasan keamanan dan menjaga ketenangan pikiran. Selain itu, tekanan dari teman sebaya juga menjadi pemicu orang tua memberikan ponsel. Sekitar 22 persen orang tua membelikan ponsel untuk anaknya karena teman sekelas anaknya sudah memiliki ponsel. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 2.300 orang.

Direktur situs MobilePhoneChecker, Adam Cable, menilai anak-anak yang memiliki ponsel di usia tujuh tahun sangat terlalu muda meskipun orang tua beralasan untuk keamanan anak-anak. "Selama orang tua dapat menjamin keamanan maksimum dalam penggunaan ponsel oleh anaknya, maka pemberian ponsel pada anak-anak usia muda bukan menjadi suatu masalah," ungkapnya.

Dari sejumlah peserta orang dewasa tersebut, MobilePhoneChecker juga menanyakan usia saat mendapatkan ponsel pertama kali. Rata-rata menjawab pada saat berusia 13,2 tahun. Itu pun jauh lebih sulit mendapatkannya dibandingkan anak-anak sekarang. Sebanyak 86 persen mengaku kalau mereka harus terlebih dahulu 'mengganggu' orang tuanya untuk mendapatkan handset pertama.

sah-sah saja bila anak mulai mempunyai handphonenya sendiri, tapi tentu harus diawasi oleh orangtuanya jangan sampai luput dari pengawasan ya, nanti malah jadi pengrusak masa depan anak itu 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar