Rabu, 14 Agustus 2013

Dot Bayi Dapat Hilangkan Sakit Kepala?



Pingsan yang disebabkan oleh sakit kepala bisa berakibat fatal, terutama jika dialami oleh orang dewasa dan lanjut usia. Karena itu, para ilmuwan telah mengembangkan alat khusus yang dapat membantu menghilangkan rasa pusing berlebih dan menyebabkan pingsan.

Alat ini, berbentuk seperti empeng (dot) yang biasanya digunakan oleh bayi. Namun, empeng yang satu ini memiliki tabung tunggal yang berfungsi sebagai alat pernapasan. Di dalamnya terdapat filter khusus untuk membatasi jumlah udara yang keluar dari mulut, sehingga mulut terdorong untuk mengisap udara lebih kuat ke dalam paru-paru.

Hisapan udara yang lebih kuat diklaim dapat membantu paru-paru bekerja lebih berat. Dengan begitu, sinyal yang lebih kuat akan dikirim oleh paru-paru untuk mencari oksigen, sehingga darah akan terangsang untuk mengalir lebih banyak, seperti yang ditulis DailyMail.

Pengujian awal menunjukkan bahwa empeng ini dapat meningkatkan tekanan darah hingga 50 persen. Hasilnya, darah yang dipompa ke otak meningkat dan rasa pusing yang menyebabkan seseorang jatuh pingsan teratasi seketika.

"Alat ini merupakan cara sederhana untuk meningkatkan aliran darah ke jantung dan meredakan gejala tekanan darah rendah," ujar Dr Christopher Morley, konsultan kardiologi dari Blackout Service.

Rasa pusing yang menyebabkan seseorang jatuh pingsan, biasanya disebabkan saat seseorang berdiri dari posisi duduk, akibat kurangnya tekanan darah secara mendadak. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut dengan istilah postural hypotension.
 
Dalam keadaan normal, sensor tekanan darah akan menyesuaikan kondisi tersebut sehingga tidak menyebabkan pusing. Namun, dalam kondisi tertentu, sensor tersebut dapat tidak berfungsi. Terutama pada orang-orang yang mengalami dehidrasi, gangguan jantung dan diabetes.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar