Senin, 12 Agustus 2013

Kemampuan Manusia Yang Luar Biasa

sds

Saya disini akan membahas tentang kemampuan manusia yang luar biasa. Mungkin sebagian orang tidak menyadarinya. Mari simakk…

Sinestesia

Bayangkan konsisten mengasosiasikan angka atau huruf dengan warna tertentu, atau mendengar kata tertentu yang memicu sensasi tertentu di lidah Anda. Ini adalah dua bentuk kondisi neurologis yang disebut sinestesia. Sinestesia adalah ketika stimulasi jalur sensorik atau kognitif tertentu mengarah ke respon spontan (yaitu sinestesia tidak dipelajari) dalam jalur sensorik atau kognitif lainnya.

Sinestesia yang paling sering genetik dan grafem (huruf, angka, atau simbol lainnya) untuk membentuk warna sinestesia adalah yang paling umum. Sinestetis lain dapat mengalami khusus-urutan sinestesia (misalnya di mana tanggal memiliki lokasi yang tepat dalam ruang), personifikasi linguistik ordinal (ketika nomor memiliki kepribadian), atau suara warna sinestesia (di mana nada yang dianggap sebagai warna).

Meskipun sinestesia adalah kondisi neurologis yang tidak harus dianggap sebagai gangguan, karena umumnya tidak mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari bahwa pengalaman hidup mereka memperoleh respon lebih sensorik dari bangsa lain mungkin dan orang-orang yang jarang mempertimbangkan sinestesia memiliki dampak negatif pada kehidupan mereka.
Prediksi persentase orang dengan sinestesia bervariasi, dari 1 dalam 20 sampai 1 dari 20.000. Studi dari tahun 2005 dan 2006, dengan menggunakan sampel populasi acak, disarankan 1 di sekitar 23 orang memiliki sinestesia. Contoh orang dengan sinestesia termasuk Vladimir Nabokov penulis, komposer Olivier Messiaen, dan ilmuwan Richard Feynman. Daniel Tammet, yang disebutkan dalam bagian berikutnya dari daftar ini, adalah synesthete (selain menjadi kalkulator jiwa) yang melihat nomor dengan bentuk dan tekstur.

Tetrachromacy

Tetrachromacy adalah kemampuan untuk melihat cahaya dari empat sumber berbeda. Contoh ini dalam kerajaan hewan adalah ikan zebra (Danio rerio), yang dapat melihat cahaya dari, hijau, biru bagian, dan ultraviolet merah dari spektrum cahaya. Tetrachromacy berlaku pada manusia jauh lebih langka namun – menurut Wikipedia hanya dua kemungkinan tetrachromats telah diidentifikasi.

Manusia biasanya trichromats, memiliki tiga jenis sel kerucut yang menerima cahaya baik dari merah, hijau, atau biru bagian dari spektrum cahaya. Setiap kerucut dapat mengambil sekitar 100 gradasi warna dan otak menggabungkan warna dan wisuda sehingga ada sekitar 1 juta warna dibedakan mewarnai dunia Anda. Sebuah tetrachromat benar dengan tipe tambahan kerucut antara merah dan hijau (dalam kisaran oranye) akan, secara teoritis, dapat melihat 100 juta warna.

Seperti supertasting, tetrachromacy dianggap jauh lebih umum pada wanita dibandingkan pria – perkiraan berkisar 2-3% sampai 50% dari wanita. Menariknya, warna-kebutaan pada pria (jauh lebih umum daripada pada wanita) dapat diwariskan dari wanita dengan tetrachromacy.

Otak Kalkulator

Kelompok yang paling luar biasa dari orang-orang yang mahir melakukan perhitungan mental yang kompleks adalah mereka yang juga sarjana autis. Meskipun ada banyak orang terlatih yang dapat bekerja di luar perkalian bilangan besar (antara perhitungan lain) di kepala mereka sangat cepat – kebanyakan matematikawan, penulis, dan ahli bahasa – kemampuan terlatih dari autis sarjana adalah yang paling menarik. Mayoritas orang-orang yang lahir dengan sindrom savant (diperkirakan hanya 50% orang dengan savantism juga autis), yang masih kurang dipahami, beberapa mengembangkannya di kemudian hari, biasanya karena cedera kepala.

Ada kurang dari 100 sarjana luar biasa yang diakui di dunia dan dari sarjana autis yang mampu menggunakan teknik perhitungan mental yang ada bahkan kurang. Penelitian terbaru telah menyarankan bahwa aliran darah ke bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk perhitungan matematis dari enam sampai tujuh kali tingkat normal adalah salah satu faktor yang memungkinkan kalkulator mental untuk bekerja di luar matematika jauh lebih cepat daripada rata-rata orang.

Contoh orang-orang dengan kemampuan berhitung yang luar biasa termasuk Daniel McCartney, Salo Finkelstein, dan Alexander Aitken. Daniel Tammet adalah satu dari sedikit yang juga sarjana autis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar