Selasa, 13 Agustus 2013

Bagaimana Mumi di Buat?


Herodatus seorang Yunani Kuno mengunjungi Mesir pada tahun 4OO an sebelum masehi. Ia diberi tahu bahwa dibutuhkan waktu 7O hari untuk membuat mummi.15 hari untuk membersihkan mayat 4O hari untuk mengeringkannya dan 15 hari untuk membalutnya.
lima belas hari pertama pembuatan mumi adalah membersihkan mayat

Didalam tenda mayat dimandikan dengan air garam kemudian mayat dibawa ke tenda Rumah kecantikan. Disini otak dikeluarkan dan dibuang. bagian perut disayat atau dibuat rongga untuk mengeluarkan hati,paru-paru,usus serta lambung.

Jantung dibiarkan tetap didalam tubuh,karena bangsa Mesir percaya bahwa jantung adalah pusat kecerdasan dan sangat dibutuhkan untuk memandu seseorang dikehidupan selanjutnya.

Didalam tenda kantung-kantung kecil dari linen diisi dengan Natron. kantung - kantung tersebut dimasukan ke dalam mayat kosong melalui perut yang sudah diberi rongga.selain natron,kain-kain bekas,jerami,rumput kering dan serbuk kayu dimasukan kedalam mayat. benda-benda tersebut membantu membentuk tubuh manusia.
proses pengeringan mayat selama 4O hari

 


Mayat dibaringkan diatas meja dan diselimuti lapisan tebal natron. selama 4O hari pengeringan,natron menyerap cairan dari mayat.
setelah proses ini selesai pembuat mumi menyingkirkan natron dan mengeluarkan bahan-bahan yang digunakan untuk mengisi mayat.
mayat yang kering telah kehilangan sekitar tiga per empat dari bobot aslinya dan mengerut,memgeras serta berwarna biru kehitaman. mayat itu hampit tidak mirip tubuh manusia
sama sekali
lalu bagaimana caranya agar mayat terlihat hidup?
rongga tubuh diisi dan kulit diolesi minyak dan rempah-rempah untuk membuatnya lunak dan berbau wangi. kemudian mayat tersebut dipasangi mata dan rambut palsu dan dirias. terakhir resin pohon dituangkan diatas mayat resin ini dituangkan untuk membentuk lapisan keras untuk mencegah pertumbuhan kapang.

 

proses pembalutan mayat selama 15 hari
mayat dibalut dengan pita linen selebar 6cm-2O cm.dimulai dari kepala.selama pembalutan amulet/jimat keberuntungan diletakan diantara lapisan-lapisan linen. tujuannya untuk melindungi mayat dari marabahaya dalam perjalanannya menuju kehidupan selanjutnya.setelah mayat dibalut resin dituang diatas muni agar kedap air. langkah paling akhir mayat dipasangi topeng wajah.
Mayat kemudian dimasukan kedalam peti yang dibentuk seperti manusia
Mumi dikubur bersama benda-banda penting yang dibutuhkan seperti perabot,pakaian,senjata dan perhiasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar