Selasa, 17 Desember 2013

Cara Menghitung Kecepatan "Cahaya"

 
Kalo tinggal di perkampungan atau yang lagi mudik ke kampung, coba lihat ke langit, Pasti kalo kampungnya agak gelap bisa jelas melihat Bintang-bintang ^^ ...

Tapi pada Percaya gak kalau langit yang Kita lihat adalah Langit Masa Lalu, yang berarti pula Kita melihat ke masa lalu..
Gak Percaya? Simak yuk.....

Anda pasti udah tahu kan Cahaya itu apa?
Yup, Cahaya merupakan sinar putih yang bisa dilihat oleh mata. Kenapa putih? Karena, Cahaya bisa dibiaskan dan "terpisah" menjadi Spektrum-spektrum Cahaya tertentu..
 

Nah, dalam Teori Relativitas Einstein, Cahaya menempati urutan pertama dalam hal Kecepatan. Dengan kecepatan yang setara dengan 299.792,458 km/detik, sehingga Kecepatan Cahaya merupakan kecepatan tercepat di Alam Semesta untuk saat ini..

Uniknya, Kecepatan Cahaya itu bersifat 'Konstan', tidak bisa diperlambat dan juga tidak bisa dipercepat. Jadi, Cahaya bisa kita gunakan untuk pergi ke Masa Depan tapi tidak akan bisa Kembali lagi XD. Dan, selama suatu benda bergerak dalam Kecepatan Cahaya, maka benda tersebut tidak akan 'menua' sedikitpun karena waktu dalam Kecepatan Cahaya sama dengan 0...

Salah satu satuan jarak Alam Semesta ini merupakan 'Tahun Cahaya', atau sama dengan jarak tempuh Cahaya dalam waktu satu tahun, yaitu 9.454.254.955.4 88 km. Jadi, hitung sendiri apabila galaksi terjauh yang diketahui, UDFj-39546284 itu berjarak 10,3 Miliar Tahun Cahaya...

Seperti yang disinggung tadi, Jika membawa Materi dalam Kecepatan Cahaya maka tidak ada 'penuaan' dalam materi tersebut. Sehingga apabila Kita melihat Bintang Alpha Centauri yang berjarak 4,3 tahun Cahaya berarti yang kita lihat tersebut merupakan Keadaan dan Posisi Bintang tersebut 4,3 tahun yang lalu. Nah, bagaimana kalo Galaksi Andromeda yang berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari kita? Belum lagi, ada miliaran benda langit yang bisa diobservasi dan jaraknya juga sangat jauh...
 

Atau mungkin gak usah jauh-jauh. Jika kita Melihat 'Matahari' saat ini, itu juga bukanlah Matahari pada saat ini. Tapi Matahari 8 Menit sebelumnya. Kenapa? Karena Cahaya Matahari membutuhkan +/- 8 Menit untu bisa menyinari Bumi..

Jadi, kesimpulanya..
"Jika kita melihat Benda-benda langit yang jauh, itu sama aja kita Melihat ke Masa Lalu'...

Seperti itulah Keunikan 'Kecepatan Cahaya'.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar