Selasa, 31 Desember 2013

Perbedaan Antara Otak Pria dan Wanita

Otak Pria dan Wanita Ternyata Berbeda

Para ilmuwan telah menemukan perbedaan besar antara otak laki-laki dan perempuan. Otak perempuan terprogram menjadi lebih baik untuk melakukan banyak tugas secara simultan. Sedangkan otak pria lebih baik dalam berkonsentrasi pada tugas-tugas komplek yang tunggal. Seperti membaca peta atau memasak makanan.

Para ilmuwan tersebut memindai 949 otak laki-laki dan perempuan muda. Mereka menggunakan sistem pencitraan difusi MRI untuk memetakan hubungan antara bagian-bagian dalam otak.

Dalam penelitian itu ditemukan bahwa wanita memiliki hubungan yang jauh lebih baik antara sisi kiri dan kanan otak. Sedangkan pria, aktivitas otak lebih intens pada bagian individu otak, terutama cerebellum yang mengontrol keterampilan motorik.

Pria juga memiliki hubungan yang lebih baik antara bagian depan dan belakang otak. Ini memberi mereka kemampuan yang lebih baik untuk memahami informasi dan menggunakannya segera guna melaksanakan tugas-tugas kompleks. Maka mafhum ketika pria lebih cepat dalam hal belajar berenang maupun parkir mobil. Sedangkan perempuan memiliki kemampuan lebih baik mengingat wajah seseorang atau mengingat dimana seseorang telah ditemui.

Hasil penelitian ini nampaknya bisa menjadi pendukung teori larisnya buku psikologi populer berjudul Man From Mars, Women From Venus. "Penelitian ini menunjukkan bahwa jika perempuan dan laki-laki diberi tugas yang melibatkan dua aktivitas untuk berpikir logis dan intuitif, maka perempuan akan lebih baik melakukannya," kata Dr Ragini Verma, peneliti dari University of Pennsylvania.

Sebaliknya, otak pria justru lebih baik dengan aktivitas instan yang harus dilakukan sekarang juga. Sebab, otak bagian depan-belakang lebih intens terhubung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar