Selasa, 31 Desember 2013

Tubuh Terus Kedinginan, Apa Sebabnya?


Kedinginan saat suhu udara rendah atau berada di ruangan berpendingin, wajar saja. Tapi jika setiap waktu dan di manapun berada masih terus merasa kedinginan, Anda perlu waspada. Apalagi jika mengonsumsi minuman hangat tak lagi berpengaruh pada tubuh.

Pakar kesehatan, Dr Manny Alvarez menjelaskan, kondisi itu bisa disebabkan gangguan tiroid. Itu membuat tubuh lebih sensitif terhadap temperatur udara. Namun, gangguan tiroid bukan satu-satunya penyebab tubuh kedinginan.

Masih ada beberapa faktor lain, seperti dikutip dari Fox News berikut.

Melewatkan sarapan
Saat seseorang melewatkan sarapan, tubuh akan kekurangan bahan bakar untuk menghasilkan panas. Agar tidak kehabisan, tubuh menghematnya dengan tidak menghasilkan terlalu banyak panas. Dampaknya, tubuh akan terasa lebih dingin.

Kurang tidur
Kurang tidur tak hanya membuat tubuh merasa lebih mudah lelah, tapi juga membuat cadangan energi di dalam tubuh berkurang.  Lagi-lagi, tubuh akan menghematnya dengan tidak menghasilkan terlalu banyak panas. Karena itu, jangan sepelekan kualitas tidur.

Anemia
Jumlah hemoglobin atau sel darah merah yang rendah hingga di bawah normal, menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Ia pun tidak akan tahan terhadap dingin.

Gangguan hormon
Khusus pada wanita, naik turunnya kadar esterogen dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap perubahan suhu. Para pria tidak terlalu merasakannya karena estrogen merupakan hormon seks yang lebih dominan diproduksi wanita.

Sindrom Raynaud
Pengidap sindrom ini akan merasakan mati rasa pada jari, jempol, atau ujung hidung akibat perubahan suhu atau stres. Penyebabnya: penyempitan pembuluh darah yang menuju kulit. Pembuluh darah yang menyempit, otomatis membuat panas tidak terdistribusi dengan baik.

Terlalu kurus
Mungkin satu-satunya keuntungan yang didapat dari berat badan berlebih adalah lapisan lemak yang lebih tebal, sehingga bisa menjadi "selimut alami" saat kedinginan. Otot menghasilkan panas, sementara lemak menjadi insulator atau pelapis agar panas tidak keluar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar