Selasa, 31 Desember 2013

Mengapa Ujung Kuku Kita Berwarna Putih

http://asalasah.blogspot.com/2013/12/jawaban-mengapa-ujung-kuku-kita-berwarna-putih.html

Bagi teman-teman yang belum tahu, bagian berwarna putih berbentuk setengah lingkaran di ujung kita itu dinamakan Lunula. Bahasa latinnya Lunulae, yang berarti bulan kecil.

Lunula terletak di ujung kuku kita, persisnya di bawah kuku bersentuhan dengan kulit jari. Lunula merupakan bagian dari jaringan yang merupakan alas dari kuku. Jaringan ini dinamakan matrix. Lebar dan tebalnya kuku bergantung pada lebar dan tebalnya matrix. Matrixlah yang bertanggung jawab atas pembentukan sel yang akhirnya menjadi kepingan kuku. Persis di bawahnya terbentang jaringan pembuluh darah, oleh sebab itu kuku kita terlihat berwarna merah muda.

Lunula adalah bagian dari matrix yang terlihat oleh mata kita yang tidak memiliki jaringan pembuluh darah di bawahnya. Itulah megapa bagian tersebut berwarna putih. Lunula adalah bagian yang tersibuk dalam memproduksi kuku.

Pada rata-rata manusia, kuku tumbuh sepanjang 3 mm setiap bulannya, Kuku jari tangan tumbuh secara utuh selama 3 – 6 bulan, kuku jari kaki tumbuh lengkap selama 12 – 18 bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar