Selasa, 31 Desember 2013

Foto Narsis Sudah Dilakukan Sejak Tahun 1900-an

 http://asalasah.blogspot.com/2013/12/foto-narsis-sudah-dilakukan-sejak-tahun-1900-an.html

Selfie atau foto narsis diri sendiri pada masa lalu menggunakan cermin untuk membantu mengambil gambar. Mengambil foto diri sendiri atau yang dikenal dengan istilah selfie, tidak hanya dilakukan setelah adanya kamera digital.

Dua buah foto kuno yang diambil di Skotlandia pada sekitar tahun 1900-an dan 1950-an menunjukkan bahwa kegiatan ini telah lama dilakukan. Satu foto menunjukkan anak laki-laki menggunakan cermin untuk memotret diri pada tahun 1907 di Nairn, Skotlandia.

Foto lain, yang juga menggunakan cermin, diambil di sebuah rumah di daerah Broughty Ferry. Foto-foto tersebut adalah koleksi Komisi Royal Monumen Kuno dan Bersejarah Skotlandia (RCAHMS). "Teknologi mungkin telah berubah, tapi selfie sudah ada lumayan lama," Manajer komunikasi RCAHMS James Crawford seperti dikutip dari BBC.

"Kita berpikir selfie adalah satu peristiwa dalam kehidupan modern - dipicu oleh sosial media," lanjut Crawford.

Teknik boleh berkembang, tetapi selfie bukan hal baru. "Namun bila melihat arsip-arsip sejarah, mulai dari lukisan hingga masa awal fotografi, jelas terlihat bahwa orang-orang selalu tertarik untuk merekam dan berbagi gambar diri mereka," ucap Crawford.

Klik Selfie dipilih sebagai kata tahun ini oleh Kamus Oxford pada bulan lalu. Kata ini telah berkembang dari istilah di sosial media untuk mengungkapkan istilah foto yang diambil oleh diri sendiri. Penelitian menunjukkan frekuensi penggunaan kata ini dalam bahasa Inggris meningkat sebesar 17.000% pada tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar