Selasa, 31 Desember 2013

Ternyata Buaya Punya Kecerdasan Tinggi

http://asalasah.blogspot.com/2013/12/ternyata-buaya-punya-kecerdasan-tinggi.html

Buaya merupakan salah satu reptil paling menakutkan di muka Bumi karena gigitannya. Dengan kekuatan gigitan buaya sekitar 5.000 psi (pounds per square inch) atau setara dengan 315 kilogram, hampir dipastikan tak ada hewan yang selamat dari serangan binatang aligator ini.

Tapi, buaya tidak hanya mengandalkan kekuatan untuk mendapatkan mangsanya. Baru-baru ini, tim peneliti dari University of Tennessee, AS, menemukan ternyata buaya mempunyai kecerdasan tinggi untuk berburu mangsanya, seperti dilansir Science Daily.

Menurut peneliti dari University of Tennessee, Vladimir Dinets, dari hasil mengamati spesies buaya muggers dan American alligator, diketahui bahwa buaya menggunakan alat berupa ranting untuk memikat mangsanya datang. Ranting itu diletakkan di moncongnya untuk menarik burung-burung datang. Reptil predator itu kemudian menggoyang-goyangkan ranting agar burung hinggap di mulutnya.

Dinets menambahkan, temuan ini merupakan kasus pertama yang diketahui dari binatang predator, yang menggunakan umpan untuk menarik mangsanya datang.

"Temuan pertama diketahui pada tahun 2007 lalu. Tim melihat perilaku buaya di sebuah kolam di India yang mengumpulkan ranting-ranting di atas moncongnya. Bentuknya mirip seperti sarang burung. Lalu, ketika ada burung yang hinggap di moncongnya, buaya langsung menyergapnya," ujar Dinets.

Hasil dari penelitian telah ini mengubah cara pandang kita terhadap buaya yang terkenal sebagai reptil yang biasa terlihat lesu, bodoh, dan membosankan. Tapi, sebenarnya buaya memiliki taktik berburu mangsa yang sangat terkoordinasi.

"Penemuan ini telah membuka wawasan baru yang sangat mengejutkan dari tingkat kecerdasan buaya. Sekarang kita tidak bisa lagi meremehkan seekor buaya yang sedang diam selama berjam-jam. Bisa saja predator itu sedang menyusun rencana untuk menyergap mangsanya," kata Dinets.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar