Selasa, 31 Desember 2013

Perbedaan Antara Kondom Pria dan Wanita

Kondom sebagai alat kontrasepsi yang tidak hanya digunakan pria, tetapi wanita juga. Mungkin tidak banyak yang mengetahui hal ini. Lalu apakah ada yang beda dari kedua kondom ini?.
http://asalasah.blogspot.com/2013/12/perbedaan-antara-kondom-pria-dan-wanita.html 
 
Seperti diketahui kondom merupakan alat kontrasepsi yang memiliki fungsi ganda yaitu mencegah kehamilan dan melindungi penularan HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus Infection/Acquired Immunodeficiency syndrome) dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Dikutip Webmd, ada perbedaan dari kondom pria dan wanita. Mari mulai mengenali masing-masing alat kontrasepsi ini.

Kondom pria

1. Alat kontrasepsi untuk kaum adam ini lebih mudah didapatkan dengan berbagai variasi bentuk dan rasa. Kondom pria merupakan penutup tipis untuk Mr. P saat ereksi yang menggunakan bahan lateks atau membran hewan.

2. Para pria menggunakannya untuk menampung cairan sperma agar tidak masuk ke dalam vagina perempuan sehingga tidak akan terjadi kehamilan dan penularan virus HIV/AIDS atau IMS lewat cairan sperma.

"Penularan virus HIV/AIDS atau IMS dapat terjadi lewat cairan sperma, selain itu bisa lewat darah, cairan vagina dan air susu ibu. Menggunakan kondom memang tidak 100 persen mencegah penularan, tetapi bila penggunaannya benar maka itu dapat membantu menurunkan risiko," ujar CMO Health Medical Chevron Jakarta, dr. Ahmad Benyamin.

3. Kondom pria dapat dibeli di sebagian besar toko obat dan supermarket. Kondom juga dijual di beberapa mesin penjual otomatis di toilet umum.

4. Kondom pria sekitar 85 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Cara yang paling efektif untuk mengendalikan kelahiran yaitu dengan tidak melakukan hubungan seks.

5. Kondom pria yang terbuat dari membran hewan seperti kulit domba tidak lebih efektif dari lateks karena masih memiliki pori-pori yang memungkinkan partikel kecil dapat keluar masuk.
 
Kondom Wanita

1. Alat kontrasepsi ini lebih sulit didapatkan karena jumlahnya yang tidak banyak serta harganya yang lebih mahal karena bahan dasarnya bukan dari lateks.

2. Kondom wanita terbuat dari poliuretan yang memiliki cincin fleksibel. Salah satu ujung tabungnya ditutup

3. Cara penggunaannya sebelum aktivitas seksual dimulai , wanita memasukkan kondom ke dalam vagina sehingga ujung tertutup dari tabung menutupi leher rahim. Ujung lainnya sedikit meliputi labia (bibir di luar vagina).

4. Kondom wanita berfungsi mencegah cairan sperma pria memasuki rahim dan membantu mencegah penularan HIV/AIDS dan IMS tetapi kondom pria berfungsi lebih baik dibandingkan pria.

5. Kondom wanita hanya 75 persen efektif membantu mencegah kehamilan dan penularan HIV/AIDS dan IMS.

Kondom pria dan wanita tidak dapat digunakan bersamaan karena dapat menimbulkan kegagalan atau kerusakan dari kedua kondom akibat gesekan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar