Minggu, 14 Juli 2013

Manfaat Mandi Usai Beraktivitas

Manfaat Mandi Usai Beraktivitas

Bukan hanya bikin kulit jadi wangi, ternyata mandi juga bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri setelah melakukan aktivitas fisik yang melelahkan.

Anda pernah merasakan sekujur tubuh pegal-pegal dan nyeri setelah melakukan kegiatan fisik yang berat seperti kerja bakti dan perlombaan lari marathon? Sebelum berpaling pada minyak gosok dan obat pereda nyeri, ada baiknya Anda mencoba mandi setelah selesai beraktivitas. Selain membuat badan terasa bersih dan segar, membasuh tubuh dengan air mandi pun memiliki manfaat lain sebagai berikut:

1. Membuat Tubuh Terasa Rileks
Mandi air hangat dengan cara berendam ataupun menggunakan shower amat berguna untuk membantu meredakan rasa pegal setelah beraktivitas. Kontraksi otot akibat aktivitas fisik yang berat bisa membuat otot-otot tubuh mengerut dan memendek sehingga menimbulkan rasa nyeri. Dalam hal ini, siraman air hangat berguna untuk meregangkan kembali otot-otot tubuh yang tadinya mengerut sehingga tubuh Anda terasa lebih rileks.

2. Meredakan Rasa Pegal
Keluhan pegal-pegal setelah melakukan aktivitas fisik yang berat biasanya disebabkan oleh penumpukan asam laktat (sisa-sisa proses pembakaran kalori) di dalam tubuh. Mandi air hangat berguna melebarkan pembuluh darah sehingga sumbatan asam laktat dapat mengalir melalui aliran darah untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh lewat kelenjar keringat.

3. Mencegah Peradangan Kulit
Setelah beraktivitas seharian, kulit akan terasa lengket akibat penumpukan keringat dan debu dari udara. Akibat penumpukan kotoran tersebut, pori-pori kulit jadi tersumbat dan rentan mengalami peradangan akibat aktivitas bakteri. Selain berguna membersihkan permukaan kulit, mandi dengan air hangat juga dapat membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang tersumbat di dalamnya.

4. Meredakan Pembengkakan
Mandi berendam di dalam air hangat yang telah dibubuhi garam ternyata berguna untuk meringankan keluhan nyeri pada persendian. Bukan hanya bisa menggunakan garam mandi, Anda juga bisa mencampurkan garam dapur biasa ke dalam air mandi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Manchester University, Inggris, penambahan garam di dalam air mandi berkhasiat mengurangi pembengkakan yang mengakibatkan nyeri pada persendian.

Setelah mengetahui manfaat mandi, tentunya kini Anda akan berpikir dua kali sebelum menggunakan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa pegal, bukan?

Sumber:
http://www.express.co.uk
http://www.livestrong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar