Kamis, 04 Juli 2013

Google Diminta Jangan Hanya Manfaatkan Indonesia


Google diminta membuka diri dan tidak hanya memanfaatkan Indonesia sebagai pasar, melainkan juga memberikan kontribusinya secara nyata terhadap komunitas internet di Tanah Air.

Henry K. Sumartono, Ketua Umum Klik Indonesia, mengatakan sebagai perusahaan ads network yang berbasis di Indonesia, paling tidak 10 persen PPN dari semua penghasilan iklan yang didapat Google seharusnya wajib diberlakukan oleh pemerintah.

"Di luar itu, harusnya Google juga memberikan kontribusi tanpa pamrih lainnya dalam berbagai bentuk, mengingat Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 4 atau 5 sebagai pengakses Google," ujarnya,.

KlikIndonesia mengaku siap bicara dengan Google untuk menjembatani berbagai hal yang diperlukan agar raksasa mesin pencari itu juga bisa dianggap sebagai bagian dari Industri internet lokal Indonesia.

KlikIndonesia, klaim Henry, sangat mengerti tatanan industri yang terjadi di Indonesia dan memahami mengenai hal-hal yang merugikan dan menguntungkan bagi Google. Yang kita butuhkan, tambahnya, adalah kemauan berteman.

Pernyataan Henry tersebut sebagai tanggapan atas keberatan Google Indonesia untuk menempatkan server dan datacenter di Indonesia.

Google Indonesia malah mempertanyakan benefit apa yang didapatnya bila menempatkan server dan datacenter di Indonesia.

"Benefitnya apa?" demikian diungkapkan Country Manager Google Indonesia Rudy Ramawi saat dikonfirmasi mengenai apakah Google akan menempatkan server dan datacenter di Indonesia, Rabu (3/7).
Hal tersebut betolak belakang dengan ketentuan pemerintah yang mewajibkan penyelenggara sistem elektronik untuk menempatkan data center di wilayah Indonesia seperti diatur dalam PP No. 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Henry melanjutkan kalau dihitung secara cost efficiency, mungkin memang benar Google berkata demikian.
"Bahkan, kalau pun Google menempatkan servernya disini sekalipun, manfaat yang Indonesia dapat juga sangat kecil dibandingkan pendapatan yang Google dapat dari eyeballs Indonesia. Mungkin sekarang perlu ditanya kembali ke Google, dari pendapatan yang didapatnya, berapa persen yang siap dikembalikan ke Indonesia dan dalam bentuk apa?" tambahnya.

Eyeballs adalah pageview yang Google dapatkan setiap user Indonesia mengakses Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar