Jumat, 21 Juni 2013

Abjad Bahasa Indonesia akan Dihilangkan 13 Huruf


Info menarik, jangan lupa sobat menyimaknya karena ini terkait dengan bahasa kita di negara indonesia sob. Bahwa dibawah naungan LIPI (Lembaga Ilmu Penyederhanaan Indonesia) akan memformulakan aturan baru dlm penggunaan bahasa Indonesia. Salah satunya adalah mengurangi jumlah abjad pd bahasa Indonesia. Abjad yg digunakan saat ini berjumlah 26. Para pakar Komunikasi merasa Ke-26 abjad tsb msh terlalu banyak, lagipula ada beberapa abjad yang jarang digunakan.
Pertama, huruf X, diganti dengan gabungan huruf K dan S. Kebetulan hampir tdk ada kata dlm bahasa Indonesia asli yg menggunakan huruf ini, kebanyakan merupakan serapan dri bahasa asing. Misal taxi menjadi taksi, maximal menjadi maksimal.

Selanjutnya, huruf Q diganti dengan KW. Kata2 yg mengunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali. Huruf Z diganti mjd C. Tdk ada alasan kuat tentang hal ini.
Huruf Y diganti dg I. Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tersebut mirip dengan I. Lalu huruf F dan huruf V keduania diganti mjd P.
Pada lepel ini masih belum terjadi perubahan iang signipikan. Hurup W kemudian diganti menjadi hurup U.
Berarti sampai saat ini kita sudah mengeliminasi 7 hurup. Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R, mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan hurup tsb. R kita ganti dg L.
Selanjutnia,gab­ungan hulup KH diganti menjadi H. Iang paling belpengaluh adalah hulup S iang diganti menjadi C. Hulup G juga diganti menjadi K. Dan hulup J juga diganti menjadi C.
Caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia. Cekalank kita kanti hulup pokalnia. Cuma ada lima hulup pokal,A,I,U,E,O­. Kita akan eliminaci dua hulup pokal. Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE.
Cementala hulup U mencadee dua hulup O iaitoo OO. Cadi,campe cekalank, keeta belhaceel menkulangee hooloop-hooloop­ keeta. Kalaoo keeta tooleeckan lagee, Hooloop-hooloop­ eeang telceeca adalah :
A,B,C,D,E,H,K,L­,M,N,O,P,T. Haneea ada 12 belac hooloop!! Looal beeaca bookan? Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop. Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan! Co,ceelahkan keeleemkan tooleecan anda denkan menkkoonakan dooa belac hooloop telceboot
 Jangan terlalu serius membacanya sob, karena ini info dari teman2 kampus, bagaimana setelah membacanya,? Semoga sedikit mencairkan suasana jenuh bagi para pengunjung atau para blogger yang lagi bosan ngeblog-ging. Sekian info terkini dan terima kasih telah membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar