Sabtu, 15 Juni 2013

Ciri-Ciri Motor Alay

Beberapa tahun ini gue merhatiin banyak banget motor-motor yang alay banget. Kenapa gue bilang alay? Secara ya, penampilannya udah ga pas banget. Maunya sih biar keliatan gaya, gaul, keren tapi koq malah jadi aneh. Bahkan, ga Cuma anak muda aja yang terkena motoralay syndrome tapi sampe bapak-bapak sama emak-emak juga. Ini beberapa ciri motor alay yang gue temuin.

 

 Ban/Roda Kecil
Entah apa maksudnya orang-orang yang ngeganti ban standart dengan ban kecil. Perkiraan gue sih biar enteng atau jadi pendek gitu. Sebenarnya kan kalo pengen pendek bisa pake motor matic. Belum lagi, udah ban kecil, kurus pula. Udah kayak ban sepeda anak SD gitu. Lah ini bukannya gaul malah jadi kayak ngeliat orang gede naik sepeda anak SD. Apalagi kalo yang naikin tuh motor, orangnya gendut. Udah kayak gajah naik sepeda roda tiga. Cocok banget ini jadi anggota sirkus. Sebenarnya kalo pake ban kecil kurus gitu bukannya keliatan gaul atau keren malah keliatan kayak lemah banget. Iyalah, jadinya pas naik motor itu kita berasa pendek sendiri. Lo bayangin aja, motor pake ban kecil itu disentil moge aja udah mental, apalagi disenggol tronton, bisa berantakan.

 

Lampu Kelap-Kelip
Hayo siapa yang motornya dipasang banyak lampu, apalagi dari depan sampe belakang? Bitch please, bukannya keren malah keliatan kayak odong-odong. Iyalah, lo liat aja tuh odong-odong atau kereta kelinci. Banyak banget kan lampu di sekelilingnya? Kalo odong-odong atau kereta kelinci sih jelas, tujuannya biar menarik minat bocah buat naik. Nah ini, motor dipake sendiri, mending kalo buat ojek. Kalo liat orang naik motor yang banyak lampu kelipnya ini, dimaklumin dulu deh. Mungkin masa kecilnya kurang asupan gizi (ga ada hubungannya kali Sleep). Tapi secara logika aja, kalo pasang lampu kayak gitu kan otomatis makan listrik dari aki. Bukannya keren, malah aki motor lo sekarat.

 

Klakson Lagu/Terompet
Ini yang paling gue ga demen, sebenarnya ini klakson apa toa musholla?? Lo bayangin aja, lagi naik motor santai dan mengutamakan keselamatan *ceile*. Tiba-tiba dari belakang ada yang nglakson kenceng pake banget, terus suaranya 11-12 sama suara tukang eskrim yang biasa keliling di kampung gue. Asli random banget ngedengernya. Belum lagi kalo yang pake klakson mirip truk tronton. Sumpah ini kampret abis, bikin orang sehat mendadak diare (jantungan kali) *suka-suka gue keq*. Orang-orang yang pake klakson macam gini, ngira kalo semua orang lagi terjangkit budeg akut kali ya.

 

Knalpot Brong (Racing)
Entah apa namanya, yang pasti suara neh knalpot jadi salah satu donatur polusi suara. Sebenarnya sih bisa gue maklumin kalo tuh knalpot bentuknya keren, terus dipasang di motor sport. Jadinya kan pas tuh, sesuai suara, kecepatan, sama bentuknya. Tapi lo semua pasti tau kan kalo banyak motor bebek yang pake knalpot ini juga? Ini tuh malah mirip bebek yang abis operasi pita suara, yang pita suaranya diganti pake pita suara gajah bunting. Malah ada yang bentuk knalpotnya itu kayak dibikin dari besi bekas kapal perang 45. Bentuk ga jelas, warna random, pengendaranya absurd.


Ceper/Pendek
Kalo yang ini hampir mirip sih sama yang pake ban kecil, cuman ada yang masih pake ban standart tapi shock breaker-nya diganti yang pendek. Masih random aja buat gue tujuannya apa? Apakah sama kayak yang pake ban kecil? Tapi rugi juga sih, kalo mendekin atau nurunin shock breaker. Sebenarnya, gue sendiri pernah nyobain dan gue nyesel *gue kotor, gue hina, gue ga perjaka lagi*. Hasilnya bukannya keren, tapi kalo naik motor ceper itu yah alamat lo bakal jadi calon incumbent penderita ambeien dan wasir. Apalagi kalo jalan yang lo lewatin banyak polisi tidur. Gue juga yakin, badak rusia aja ogah kalo diboncengin pake motor ceper.

Itu aja sih yang gue temuin, kalo kalian mau nambahin di komentar aja di bawah ini. Saran gue sih mending kalo mau modifikasi motor mikir dua kali deh. Kalopun bener-bener pengen nih ya, gak apa-apa sih. Cuma ya tolonglah perhatiin estetika, keseuaian sama bentuk motor, dan pertimbangan keselamatan lo sendiri sebagai pengendara. Jangan lupa, kita berkendara di jalan itu ga sendiri, banyak orang lain di jalan. Pengen gaul boleh, tapi keselamatan tetap yang utama. Kayak kata pak polisi, “Safety riding, jadikan keselamatan sebagai kebutuhan”.

sumber: http://sleepcious.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar