Sabtu, 22 Juni 2013

Sunnah-Sunnah Saat Bangun Tidur

tidur

DALAM Islam, semua hal bisa menjadi ibadah. Tentu, apabila kita niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Apalagi tidur. Selain akan membuat kita jadi segar, tidur juga merupakan sebuah karunia besar untuk kita.

Dan luar biasanya Islam, tidak hanya ketika, dan sedang, bahkan bangun tidur pun bisa menjadi pahala. Ada beberapa hal yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah kepada kita untuk kita tiru. Beberapa ini di antaranya.

1. Mengusap wajah dengan tangan agar hilang kantuk
“Saat Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan kantuk.” (HR. Imam Muslim)

2. Mengucapkan do`a sebagai berikut :
“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.” (HR. Al-Bukhari)

3. Bersiwak
“Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

4. Mendenguskan angin dari lubang hidung
Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam bersabda: “Apa-bila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak 3 kali. Karena syetan biasanya mendekam di lubang hidung.” (HR. Muttafaq `Alaih)

5. Membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali
Rasulallah shallallahu `alaihi wassallam bersabda :
“Apa-bila salah seorang diantara kalian bangun tidur, jangan langsung mencelupkan tangannya ke dalam bejana wudhu sebelum membasuhnya sebanyak 3 kali.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar