Sabtu, 28 September 2013

Tes IQ Anda dengan Pertanyaan Logika Sederhana Ini

Logika Sederhana

Cara berpikir kita terbentuk dari pengalaman kita sehari-hari. Kadang kebiasaan cara berpikir kita malah lebih menyulitkan kita dalam beberapa kasus. Oleh karena itu jangan biasakan xara berpikir anda. Biarkanlah dia meloncat dan menari-nari di kepala anda. Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan sederhana yang saya yakin anda semua bisa menjawabnya dengan benar. Cobalah ... ^_^


1. Cara berpikir Diluar Kebiasaan Kadang Lebih Memudahkan
Contoh sederhananya adalah jika anda disuruh mencari beda/selisih keliling dua buah lingkaran yg sepusat, dan yg diketahui hanyalah jarak antara dua tepi lingkaran tsb, yaitu 10. (lihat gambar). tanpa susah2 menghitung, anda bisa menjawabnya dg cepat dan benar.

2. Gambar yang Menipu.
Jika jarak antar lengkung adalah sama, lebih luas manakah antara dua daerah yang diarsir?

3. Jangan Lupakan Hal yang Mendasar

Kadang bertambahnya pengetahuan kita tentang sesuatu hal, malah membutakan kita akan pengetahuan dasar yg telah kita ketahui sebelumnya. Contoh menarik: Pertanyaan berikut ini biasanya membingungkan bagi mereka yang memengenal teori Pythagoras. ..


Jika P adalah titik yg berada disisi lingkaran yg berdiameter 8, dan garis tegak lurus ditarik dari P ke diameter AB dan CD, maka berapakah panjang garis EF?

4. Kemudahan yang Menjebak
Jika satu kartu domino dapat menutupi dua buah kotak pada papan catur, maka ada berapa buah kartu domino yg diperlukan utk menutupi seluruh permukaan papan catur yg dipotong satu kotak pada kedua ujungnya yg berhadapan secara diagonal? (seperti pada gambar)

5. Tak Perlu Ahli Kimia
Ada dua buah gelas, gelas I berisi air kopi dan gelas ke II berisi air susu dg volume yg sama. Dari gelas I kita ambil sesendok air kopi lalu kita tuangkan ke gelas II. Kemudian dari gelas ke II (susu yg telah tercampur oleh sesendok kopi) kita ambil sesendok yg sama dan kita tuangkan ke gelas I. Lebih banyak manakah? susu yg ada digelas kopi atau kopi yg ada digelas susu?

6. KESALAHAN LOGIKA, MENGHASILKAN KESIMPULAN YG ANEH

Tiga orang sahabat, A, B, C patungan masing-masing sebesar 1000 utk membeli sate. mereka memberikan uang 3000 yg terkumpul kepada si D utk membelikannya. Tak lama kemudian si D kembali membawa sate dan kembalian 500 rupiah. Atas kesepakatan, uang kembalian tsb oleh tiga sahabat tadi, 200 rupiah diberikan kpd D sbg upah, dan sisanya 300 mrk bagi bertiga, jadi masing-masing mendapat 100.

Kalau diurut dari belakang, karena masing-masing mereka (A,B,C) mendapat 100 rupiah kembali, maka ketiga sahabat tadi sebenarnya mengeluarkan uang sebesar 900, yang kalau dikalikan tiga adalah 2700. Jika kemudian ditambah dengan uang 200 yg diberikan ke si D tadi, berarti total uang adalah 2900. Padahal uang mereka tadi adalah 3000. Kemanakah yang 100?

DAPATKAH ANDA MENUNJUKKAN KESALAHANNYA?

7. Persegi Ajaib Dalam Kalender
Pernahkah anda melihat kalender bukan karena mencari tgl merah, tapi have fun?

Lihatlah kalender anda (bulan dan tahun bebas), pilihlah persegi 3x3 yg bisa anda buat dari 9 angka-angka yang tersusun dikalender. Setiap persegi 3x3 yg anda buat, PASTI akan berlaku:


 (angka terkecil dlm persegi + 8 ) x 9 = jumlah semua angka baris kedua x 3

Contoh LIHAT GAMBAR. angka terkecil adalah 9 dan jumlah baris kedua adalah 16 + 17 + 18 = 51
Jadi (9+8) x 9 = 153 sama dengan 51 x 3 = 153
MENGAPA DEMIKIAN?

8. Permainan Sederhana yg Fantastis: Menara Hanoi

Syarat:
1. Satu langkah hanya satu keping yg bisa dipindahkan
2. Keping yang lebih kecil tidak boleh berada dibawah keping yang lebih besar

a. Pada gambar diatas, ada 5 keping di tiang paling kiri. Berapa langkah paling sedikit yang diperlukan untuk memindahkan semua keping ke tiang yg paling kanan.

b. Jika ada 64 keping yg tersedia di tiang kiri, dan tiap langkah anda hanya perlu waktu 1 detik, maka berapa lamakah anda dapat menyelesaikannya?


9. Kemungkinan Terbesar

Yang Terakhir ini menjadi perdebatan yang panjang dan menarik dari para ahli matematika. Tapi mainstream matematikawan telah menetapkan suatu tindakan yang optimal jika anda berada dalam posisi ini:



Anda disuruh memilih 1 diantara 3 kotak yg salah satunya berisi mobil jaguar & dua lainnya berisi ZONK/tak berharga. Ketika anda sudah memilih satu kotak, presenter membuka satu dari dua kotak yg bukan anda pilih, dan ternyata berisi ZONK. Sekarang tinggal 2 kotak, yg satu pilihan anda dan satunya lagi yg bukan pilihan anda. Lalu presenter menawarkan kpd anda apakah anda ingin mengganti pilihan, atau tetap pada pilihan pertama. Dalam situasi ini, manakah strategi terbaik? tetap konsisten atau mengganti pilihan?

Jawaban Logika Sederhana

Ini adalah jawaban-jawaban dari postingan logika sederhana beberapa hari yang lalu. Cocokkanlah jawaban anda dengan yang disini. Saya yakin anda semuanya mendapat nilai sepuluh plus ... ^_^


Jawaban no. 1
Karena diameter kedua lingkaran tdk diketahui dan cuma selisih tepi ke tepinya saja yang harus 10, ..... kita bisa mengecilkan lingkaran yg dalam (yg kecil) hingga sekecil titik dan menjadi titik pusat lingkaran luar. jadi jarak kedua lingkaran itu sekarang menjadi jari-jari lingkaran luar. dan hasilnya adalah lingkaran luar yg berjari-jari 10, dan kelilingnya 2 x 10 x pi atau 20 pi. Itulah selisih keliling kedua lingkaran diatas.



Jawaban no. 2

Kalau melihat gambar, seakan akan lebih luas daerah yang diarsir bagian dalam daripada daerah yang diarsir bagian luar. Padahal luas daerah itu sebenarnya sama. Karena luas daerah diarsir bagian dalam (luas lingkaran dalam) adalah 9pi dan luas daerah diarsir bagian luar adalah 25pi - 16pi = 9pi


Jawaban no. 3
Karena OFPE adalah persegi panjang, maka seharusnya panjang dua buah diagonalnya (OP dan EF) sama besar. karena OP adalah jari-jari lingkaran, maka EF haruslah mempunyai panjang

Jawaban no. 4

Jawaban 31 adalah jawaban yg umum dari orang-orang yang tidak teliti. Karena biasanya jalan pikirannya adalah jumlah seluruh kotak (64) dikurangi dua, kemudian dibagi dua.TAPI ITU JAWABAN YANG SALAH

Disini kita harus memperhatikan faktor papan catur dan kartu dominonya.Satu kartu domino hanya bisa menutupi satu kotak hitam dan satu kotak putih. Tidak mungkin dua-duanya hitam atau dua-duanya putih. Dan karena yang kita potong/hilangkan dari papan catur adalah dua kotak hitam, maka banyaknya kotak hitam & kotak putih sudah tidak sama lagi. Jadi tidak mungkin lagi seluruh papan catur tertutupi penuh oleh kartu domino, karena pasti akan ada dua kotak putih yang tidak bisa kita tutup dengan satu kartu domino utuh.


Jawaban no. 5
Banyaknya kopi di gelas susu sama dengan banyaknya susu digelas kopi. tidak butuh ahli kimia campuran utk memahami ini, karena bisa kita selesaikan pakai logika sederhana.

Pada pengambilan pertama sendok berisi sepenuhnya kopi. sedangkan pada pengambilan kedua, banyaknya susu dalam sendok tsb sama dengan banyaknya kopi didalam gelas susu. kalimat ini mungkin akan membuat kening anda berkerut.

Logika sederhananya kita bisa mengambil kasus ekstrim dari masalah diatas.karena masalah diatas tidak bergantung kepada banyaknya susu atau kopi yg kita pindahkan, yang penting pemindahan pertama dan kedua sama banyaknya.

1. Bayangkan saja jika yg kita pindahkan bukan sesendok, tapi segelas kopi ke gelas susu (tentu saja butuh gelas susu yg lebih besar). maka di gelas susu akan ada 50%kopi dan 50% susu. Lalu kita pindahkan lagi sebanyak yg kita pindahkan tadi, hasilnya di gelas kopi yg habis tadi akan terisi 50% kopi dan 50% susu. jadi hasil akhirnya gelas satu dan gelas dua mengandung susu dan kopi sama banyaknya.

2. Atau logika ekstrim yg kedua adalah dengan membayangkan, yg kita pindahkan pertama adalah sesendok kosong kopi. maka yg kita pindahkan kedua harus sesendok kosong juga dari gelas kedua. maka hasil akhirnya adalah gelas pertama 0%susu dan gelas kedua 0%kopi. atau banyaknya kopi digelas kedua sama dg banyaknya susu di gelas pertama, yaitu 0%.

Jawaban no. 6

Kesalahanya dapat ditunjukkan secara sederhana dengan memakai uang masuk dan keluar
1. jika dipakai iuran awal adalah 900, maka duit yg terkumpul adalah 2700 bukan 3000 lagi. jadi saldo awal adalah 2700
2. lalu uang 200 buat si D itu adalah uang keluar bukan uang masuk. jadi harus dikurangkan, bukan ditambahkan. 2700-200 = 2500. inilah harga sate tsb. ^_^.


Jawaban no. 7

Misalkan angka terkecil dalam persegi itu adalah a, maka jumlah semua bilangan dalam persegi adalah 9a +72 = (a+8) x 9. jadi (9a+72) /3 adalah jumlah angka-angka pada baris kedua.


Jawaban no. 8

Banyaknya langkah yang paling sedikit yang bisa dilakukan dalam Permainan menara Hanoi ini mengikuti pola 2n-1 , dengan n adalah jumlah keping. Jadi kalau ada lima keping berarti 25 - 1 = 31 langkah. Sekarang jika ada 64 keping, dan tiap langkah kita lakukan dalam 1 detik (serta tidak pernah salah), maka kita akan menyelesaikan permainan ini setelah 580 miliar tahun sejak dimulai. Sebagai perbandingan, alam semesta kita saja baru berumur sekitar 13 - 14 miliar tahun ... Benar benar Fantastis!


Jawaban no. 9

Banyak matematikawan akan menyuruh peserta utk mengganti pilihannya. Hal ini pernah jadi perdebatan seru dan panjang dari matematikawan. Jadi saya bilang banyak, tidak semua, karena ada desenting opini..

Sederhananya begini, ketika anda memilih satu dari tiga kotak, maka kemungkinan pilihan anda benar adalah 1/3. sedangkan kemungkinan mobil ada di dua kotak yg tidak anda pilih adalah 2/3. Jadi lebih besar kemungkinan mobil ada di kotak yg tdk anda pilih. setelah satu kotak yg tidak anda pilih dibuka dan bukan mobil, banyak matematikawan tetap menyatakan satu kotak lainnya yg tidak anda pilih tetep lebih besar kemungkinannya drpd yg anda pilih.

Contoh lebih jelas, kita bawa kekasus ekstrim. misalkan ada 1000 kotak dan hanya satu yg berisi hadiah. misalkan anda pilih nomor 1, maka kemungkinan anda benar hanya 1/1000. sedangkan kemungkinan yg lain ada 999/1000. ketika kotak no.2 sampai kotak no.999 dibuka dan semuanya zonk, maka kotak no 1000 yg tidak anda pilih tadi tetep lebih besar kemungkinannya berisi hadiah drpd kotak no 1. yg anda pilih.

Desenting opininya adalah kesadaran kita akan realitas menghilangkan fungsi gelombang probabilitas. Ini didukung oleh banyak fisikawan. jadi ketika kotak sudah dibuka, kita sudah tahu pasti isinya dan fungsi gelombang probabilitasnya lenyap. Jadi kalau ada 3 kotak, yg satu sudah dibuka, maka kotak yg sudah dibuka tdk masuk hitungan lagi dan probabilitasnya antara dua kotak yang tersisa kini tinggal 50:50.


Ingat, ini hanyalah logika sederhana ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar