Senin, 23 September 2013

Ini Faktor-faktor Penentu Vagina 'Longgar' Usai Perempuan Melahirkan


Banyak wanita mengalami trauma dan terganggu akibat longgarnya vagina setelah mereka melahirkan. Berminggu-minggu pasca melahirkan sebenarnya vagina memang akan melonggar. Namun bukan berarti Anda tidak dapat mengembalikan kondisinya seperti semula.

Seperti dilansir Boldsky, beberapa faktor yang sangat dasar ikut menentukan kondisi vagina setelah Anda melahirkan. Berikut faktor-faktor penentu tersebut:

1. Usia

Usia Anda saat melahirkan adalah faktor kunci dalam menentukan kondisi vagina pasca melahirkan. Jika Anda melahirkan saat berusia 20-30 tahun, maka ada kemungkinan besar vagina Anda akan kembali normal. Sementara jika Anda hamil di usia 35 tahun ke atas, maka kemungkinan otot vagina akan kembali mengencang akan semakin menurun.

2. Jumlah kehamilan

Jumlah berapa kali Anda pernah melahirkan juga memberi pengaruh. Otot vagina memang elastis tetapi dengan seringnya 'terbuka' ketika menjadi jalan keluar bayi, maka otot tersebut akan mengendur. Sehingga wajar jika ketika melahirkan anak kedua atau ketiga, otot vagina Anda akan menunjukkan tanda-tanda kelelahan.

3. Ukuran bayi

Berat dan panjang badan bayi yang Anda lahirkan juga turut berperan terhadap elastisitas vagina pasca melahirkan. Jika bayi Anda sangat besar, maka bisa dipastikan otot vagina akan melonggar. Bayi dikatakan memiliki ukuran besar jika berat badannya lebih dari 3,5 kg.

4. Latihan Kegel

Latihan Kegel adalah salah satu bentuk latihan yang bermanfaat untuk otot vagina. Serunya lagi, latihan Kegel dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Teknik latihan Kegel ini tergolong sangat mudah dilakukan.

Caranya, pertama, kontraksikan otot seperti menahan kencing selama 5 detik, kemudian kendurkan. Kemudian ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Jika Anda melakukan latihan Kegel secara teratur setelah melahirkan, maka otot vagina lebih cepat kembali menjadi seperti sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar