Jumat, 07 Februari 2014

7 Ciri Orang yang Tidak Punya Utang

7 Ciri Orang yang Tidak Punya Utang

Liputan6.com, New York : Ingin tahu bedanya orang yang punya utang dan tidak sama sekali? Semua itu dapat dengan mudah Anda lakukan.

Seperti dikutip dari Business Insider, terdapat sejumlah perbedaan yang mencolok antara masyarakat yang punya utang dan tidak.

Berbagai karakter yang diperlihatkan orang-orang tak berutang bisa menjadi pembelajaran bagi Anda dan patut ditiru. Salah satunya adalah kemampuan mengelola pemasukan sehingga selalu lebih besar daripada pengeluaran.

Berikut tujuh karakter orang yang tidak punya utang dan bisa ditiru:

1. Memegang uang tunai
Orang yang tidak berutang mengetahui betul nilai uang tunai. Pasalnya, orang-orang yang tidak menggunakan uang tunai cenderung boros dan belanja berlebihan.
Sementara itu uang tunai yang sudah dibelanjakan tidak bisa dikembalikan lagi. Hal itu yang membuat orang-orang tanpa utang lebih menghargai dan memilih uang tunai.

2. Rinci dalam memandang sesuatu
Untuk menghindari utang, sebagian masyarakat sangat rinci dalam mengelola pemasukan dan pengeluarannya. Berbagai hal kecil dalam keuangannya sangat diperhatikan agar bisa meningkatkan pendapatan dan tabungan pribadi.

3. Selalu berpura-pura tak punya banyak uang
Cara pandang terhadap uang bagi orang-orang yang tidak berutang sangat berbeda. Meski berpendapatan besar, orang-orang itu selalu berpikir seolah memiliki sedikit uang. Hal tersebut membuatnya lebih disiplin dan irit dalam mengelola keuangan pribadi.

4. Berpikir jangka panjang
Tanpa utang, orang-orang ini selalu berpikir jangka panjang ketika membeli sesuatu. Dibandingkan berutang atau langsung membelinya, mereka lebih memilih untuk menabung terlebih dahulu.

5. Tidak takut bertanya
Penduduk yang tidak terjerat belenggu utang akan lebih aktif bertanya. Saat telat membayar tagihan, orang-orang ini tidak takut bertanya dan mampu memenuhinya dengan cepat.

6. Rajin menabung
Ketika menerima bonus besar dari kantor, orang-orang yang memiliki utang akan sibuk melunasi tunggakannya. Akan tetapi masyarakat yang terbebas dari tunggakan utang akan lebih memilih untuk menyimpannya. Menabung bahkan menjadi kebiasannya.

7. Berani berkata tidak
Saat berbelanja di mall, Anda tentu akan bertemu dengan banyak tawaran menarik. Tetapi orang-orang yang tidak punya utang akan langsung menolak. Mereka tidak mau menghabiskan uang untuk hal-hal kecil yang tidak penting

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar