Kamis, 18 April 2013

Teknik Riding Skill Menikung ala Moto GP


1. Selama bertahun-tahun, telah ada banyak keraguan mengenai pentingnya countersteering. Secara sederhana ditekankan bahwa countersteering atau membelokkan stang motor berlawanan arah dengan arah tikungan yang anda kehendaki merupakan cara terbaik mengendalikan motor anda.

Akan tetapi, masih saja sekelompok kecil pengendara yang berkeras bahwa dalam upaya menekankan pentingnya countersteering sebagai metode yang efektif untuk menikung, metode yang lebih advance justru diabaikan. Body steering menggunakan kaki n tungkai kaki pengendara untuk memberi input pada stang sehingga dapat menikung cepat dan terkendali.

2. Sebelum bereksperimen dengan body steering, seorang pengendara harus ahli dulu melakukan counter steering. Sebelumnya , kebiasaan buruk seperti mengendarai dengan siku terkunci atau penempatan posisi badan yang yang kurang tepat dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan efektifitas body steering.

Dimulai dengan mengendarai motor melalui jalan yang anda kenal dgn baik .Dengan menggunakan foot ball tempatkan berat pada footstep motor. Fokus pada posisi anda, pastikan untuk menahan perut anda dengan otot perut sementara siku anda menekuk dan tangan anda dilemaskan.

3. Walaupun body steering merupakan cara yang lebih efektif untuk menikung di beberapa tikungan tertentu, teknik ini sec khusus sangat cocok untuk memperbaiki garis menikung atau menekuk motor anda untuk mendapatkan radius putar yg lebih kecil.

Dengan menggunakan tubuh bagian bawah untuk mengubah jalur motor ketika rebah tangan anda akan bebas untuk mengontrol gas. Juga dengan menggunakan kaki untuk mengendalikan motor, tangan anda akan dalam keadaan relax sehingga memudahkan stang untuk bergerak ketika traksi ban berkurang.

Beberapa rider menyatakan mereka tidak hanya menekan bag dalam tikungan dengan lutut mereka tetapi juga menarik body motor agar lebih rebah dengan kaki satunya lagi dengan tetap menjaga kaki tsb berpijak pada footstep Kesimpulannya, ini cara nikung yang dipake di motoGP, dimana lutut menggesek aspal ketika nikung dan kaki luar digunakan untuk menarik body motor supaya lebih rebah Makanya kliatan klo badannya lebih rebah dari motor.

counter

Cari tikungan Gunakan CS buat ngedapetin momen / feel buat nikung / rebahin motor. Setelah motor mulai rebah, geser berat badan anda ke dalam tikungan Sambil lutut dilebarkan hingga menyentuh aspal. Dapat pula ditambahkan dengan menggunakan kaki luar untuk menarik body motor supaya semakin rebah.

Dalam posisi ini tangan dilemaskan. Inilah keunggulan teknik BS karena menggunakan tubuh bag bawah buat ngontrol motor tangan bebas untuk mengontrol gas dan kopling. Teknik ini cocok bgt buat mengoreksi racing line. Mis bila terlalu ‘in’ maka dengan memindahkan berat badan ke sisi luar, maka akan melebar / ‘out’


sumber: brcsafety.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar