Minggu, 28 April 2013

Fakta, Kabel Earphone Dibuat Panjang Sebelah

Manusia memiliki dua buah telinga, kiri dan kanan, maka earphone juga punya dua bagian (ada juga yang hanya punya satu bagian). Nah, biasanya setiap bagian memiliki petunjuk L dan R yang artinya Left (kiri) dan Right (kanan).


Kenapa harus dibedakan antara Kiri dan Kanan ? Hal ini disebabkan karena dalam dunia rekaman suara, memang suara direkam dan ditempatkan pada beberapa "track" yang berlainan, yang nantinya akan memberi efek stereo dan "surround" saat rekaman diputar kembali. Bagian ini TS udah nyoba biasanya ada perbedaan waktu intro lagu tersebut,biasanya bagian Left(kiri) yang hanya terdengar suaranya atau sebaliknya

Telinga juga merupakan organ yang rumit dan kompleks, walaupun nampak sama serupa, namun bagian dalam telinga yang terdiri dari susunan tulang-tulang kecil pendengaran yang berbeda, akan membuat "suara" yang masuk ke dalam telinga juga diterima dengan cara yang sedikit berbeda.

Pembuat earphone selain memberi tanda berupa huruf L dan R untuk membedakan mana bagian yang kiri dan yang kanan, juga membuat kabel penghubung bagian yang kanan lebih panjang dari yang kiri. Hal ini memiliki maksud sebagai berikut, Biasanya earphone terhubung dengan Handphone atau MP3 player yang di kantongi di saku sebelah kiri baju kamu, sehingga kabel ke telinga kanan otomatis lebih panjang karena akan mlintasi jarak yang lebih jauh daripada ke telinga sebelah kiri.

Kegunaan lainnya adalah jika dalam gelap dan kita tidak mungkin melihat tulisan L atau R di earphone, maka dengan meraba kabel yang lebih panjang, maka itu untuk telinga bagian kanan. selain itu juga jika kabel yang panjang pada handsfree ini diletakkan di belakang leher maka handsfreee tidak mudah jatuh.


sumber: http://www.medianesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar