Jumat, 12 April 2013

10 Genre Musik Paling Unik Di Dunia


10 Genre Musik Paling Unik Di Dunia

10 Genre Musik Paling Unik Di Dunia - Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.

Berikut adalah 10 Genre Musik Paling Unik Di Dunia :

10. Burger-Highlife
Musik ini dikenali sebagai jazz dengan up tempo, petikan gitar irama etnik afrika, penggunaan synth layaknya musik dub dan masih dalam mazhab reggae yang populer tahun 80-an. Genre ini lahir dari para immigran Ghana, namun secara universal dianggap sebagai musik akulturasi dengan gaya Jerman. Hal ini disebabkan oleh gaya bermusik ini awalnya banyak dimainkan imigran Ghana di Jerman.Dan hasilnya adalah bentuk unik Afro-pop, dimana orang-orang kemudian menyebutnya Burger-Highlife.

9. Chiptune
[lihat.co.id] - Chiptune adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah di syntesizekan secara realtime oleh computer atau video game sound chip. Chiptune sangat popular pada pertengahan 1980 sampai akhir 1980 dimana pada saat itu untuk membuat musik dengan computer hanya tersedia sound chip tersebut. Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para composer dalam menciptakan instrument sendiri, tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih kompleks.

8. William Shatner Covers
Sekalipun Wikipedia belum mengakui genre ini sesuai kaidah musik yang benar , tetep ane masukin di list inih terlebih dikarenakan genre ini sengaja meng-cover pidato/orasi William Shatner dengan diiringi musik yang setiap musisi memberikan illustrasi secara berbeda .

Namun dalam perkembangannya genre ini juga berkembang untuk memusikalisasi beberapa pidato tokoh penting lain seperti Martin Luther King, Ghandi, Mummia Abu Jamal dsb.

7. Shoegazing
Shoegazing digambarkan sebagai sebuah subgenre dari rock alternatif, di mana penyanyi berdiri dalam keadaan benar-benar pasif, sambil bernyanyi. Dengan kata lain, kebalikan dari apa yang penyanyi band lain yang atraktif dan komunikatif pada umumnya.

Genre itu dinamakan demikian karena para penyanyi genre ini seolah menatap sepatu mereka pada saat perform . Tetapi sebenarnya hal ini dikarenakan mereka banyak menggunakan eksplorasi efek pedal dan menggabungkan banyak jenis distorsi dalam sebuah lagu.

6. Jawaiian
Yang inih hasil percampuran antara musik Hawaii dengan instrumen khasnya digabung dengan irama Reggae yang fun, jadinya berasa dipantai tropis sambil party rame-rame trus ada yang bening2 pake bikini....

5. Truck Driving Country
Ini pecahan dari musik country sebenernya, sedikit sentuhan rockabilly plus rock'n'roll. Namun pembeda jelas adalah genre musik ini banyak berkisah seputar kehidupan para sopir truck. Banyak kisah romantis sepanjang perjalanan, masa pensiun, ditilang polisi, kehidupan di SPBU, mesin diesel truk dsb. 

4. Trip Hop
Trip hop (atau perjalanan-hop) adalah genre musik yang terdiri dari downtempo elektronik, berasal dari awal 1990-an di Inggris, terutama Bristol. Berasal dari "post"-acid house.

Istilah genre musik ini pertama kali digunakan oleh media musik Inggris dan pers sebagai cara untuk menggambarkan varian yang lebih eksperimental breakbeat bercampur aduk antara soul, funk dan jazz. Perpaduan hip hop dan electronica sampai bergenre tidak lagi dikenali . Musik trip hop memiliki beberapa gaya dan kesamaan dengan genre lain yang ber mashab musik ambient, ciri khas ketukan drum yang ganjil dan rumit, juga mengandung unsur house, musik tari, R & B dan dub reggae. Trip hop dapat sangat ber- eksperimental dengan suara alam

Bagi agan2 penggemar Gorillaz, Emancipator, Nine Inch Nails, Radiohead, Travis, How to Destroy Angels, Beth Orton, The Flaming Lips, Bitter:Sweet, Beck, Deftones dan Björk, tentu sudah nggak asing dengan genre ini.

3. Laptop Pop
Agak susah men deskripsikan genre musik ini dikarenakan masih baru muncul, ane udah ubek2 mbh gugel dan aneka search engine yang lain namun belum ada hasil yang jelas Namun beberapa band/musisi yg mengusung ini sebagian besar dipengaruhi oleh sebuah budaya baru bagi peradaban manusia. Dimana hampir lebih dari separuh hidup tidak lepas dari benda elektronik entah itu komputer, gadget, handphone dsb.

Ciri khas paling terlihat dari genre ini adalah aransemen musik dari beberapa software komputer untuk membuat sebuah komposisi lagu dengan sederhana dan praktis. Musik mereka cenderung simpel, dan tempo berulang2 secara monoton namun ditambah beberapa notasi suara pada beberapa bagian.
Beberapa band pengusung jenis genre ini diantaranya Ratatat, Girl Talk, Rex the Dog, Various Production, Oval.

2. Visual Kei
Genre musik yang disebut Visual Kei ini sulit untuk dijabarkan, karena band yang masuk dalam bermain musik genre ini agak dekat dengan pergesekan antara glam rock ke heavy metal, beberapa klaim sebenarnya hanyalah sebuah klaim tentang subkultur atau fashion, daripada sebuah genre musik. Secara visual hampir semua pemain solo gitar band genre ini berpakaian seperti pekerja seks jaman Renaissance. Entah penggunaan kostum ini disengaja atau cuman kebetulan, namun genre ini lahir dan tumbuh berkembang di jepang.

1. Bubblegum Dance
Biasanya genre musik ini ditandai dengan lirik yang sangat koplak, humor dan anti serius . Musik ini muncul di tahun 80-an, adalah sub-genre dari Eurodance. Berirama ajeb2 atau disko dan menonjolkan dentuman suara bass dalam musiknya. Musik inih paling cocok buat yang seneng audio mobil dengan sub-woofer gede kali yak .

Nah, itulah 10 Genre Musik Paling Unik Di Dunia semoga menambah wawasan anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar