Jumat, 08 Maret 2013

Ingin Lesung Pipi, Sekarang Bisa Dipalsukan


Lesung pipit atau lekuk kecil yang ada di pipi seseorang memang bisa menambah kecantikan atau ketampanan. Tapi tidak semua orang memiliki lesung pipit di wajahnya. Kenapa ada orang yang memiliki lesung pipit dan ada juga yang tidak?
Beberapa masyarakat ada yang percaya dengan mitos bahwa lesung pipit bisa terbentuk dengan cara menusukkan ujung cabai ke pipi bayi. Tapi ternyata mitos tersebut tidaklah benar, karena lesung pipit terjadi akibat kelainan dari otot pipi yang diturunkan.
Lesung pipit bisa muncul di kedua pipi atau hanya di salah satu pipi saja dan biasanya akan terlihat dengan jelas di wajah seseorang ketika ia sedang tersenyum, berbicara atau tertawa. Beberapa orang memiliki lesung pipi yang dalam dan sangat terlihat, sedangkan yang lainnya hanya terlihat samar-samar.

Memiliki cekungan kecil di pipi yang muncul saat tersenyum bisa menambah kesan manis atau imut di wajah seseorang. Sayang, tidak semua orang terlahir dengan cekungan yang disebut lesung pipi ini. Untung sekarang ada operasi plastik.

Operasi plastik untuk membuat lesung pipi buatan memang tidak sepopuler operasi membuat belahan dagu atau memancungkan hidung misalnya. Banyak yang sukses membentuk dagu atau memancungkan hidung, tetapi jarang ada yang membuat lesung pipi. Sebenarnya adakah opreasi plastik untuk membuat lesung pipi?

"Ada," kata Dr Aditya Wardana, SpBP, dokter spesialis bedah plastik dari RS Cipto Mangunkusumo saat dihubungi detikHealth.

Sama halnya dengan operasi plastik untuk organ tubuh yang lain, operasi plastik untuk membentuk lesung pipi juga bisa dilakukan oleh dokter bedah plastik. Pada intinya, operasi ini adalah operasi pembentukan, hanya saja pembentukan dilalukan dari dalam.

Mengenai hasil pembentukan lesung pipi buatan, banyak juga yang masih ragu mengingat lesung pipi punya sifat unik yakni hanya muncul pada momen tertentu misalnya saat tersenyum. Tentunya berbeda dengan dagu dan hidung yang dalam kondisi apapun bentuknya akan tetap sama.

Jika lesung pipi buatan tidak memiliki keunikan tersebut, tentu akan kelihatan sangat aneh. Bisa-bisa lesung pipi akan selalu muncul meski tidak tersenyum, bahkan tidak hilang saat sedang bersedih.

Apa komentar Dr Aditya terkait kekhawatiran ini?

"Lesung pipi buatan ini akan terlihat sama dengan aslinya. Tidak ada bedanya," jawab Dr Aditya.

Sayangnya memang belum banyak yang melakukan operasi plastik untuk membentuk lesung pipi buatan, sehingga susah membandingkan hasilnya. Dr Aditya sendiri mengaku belum pernah menangani pasien selebritas yang menginginkan operasi semacam ini.

Yang jelas menurut Dr Aditya, ongkos membuat sepasang lesung pipi di kedua sisi harganya sama saja dengan membuat lesung pipi di sisi kanan saja atau kiri saja. Setiap tindakan umumnya dihitung sepasang, seperti halnya operasi rekonstruksi payudara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar