Rabu, 27 Maret 2013

Sejarah Asal Usul Ciuman

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/12/26/131245/540x270/7-fakta-mengejutkan-tentang-ciuman.jpg
 
Selama ratusan tahun, ciuman seakan menjadi ritual khas yang erat kaitannya dengan pembuktian cinta.
Ada beberapa teori tentang sejarah berciuman. Salah satunya, dalam sebuah literatur diceritakan bahwa sejarah berciuman dimulai dari tradisi unik di sebuah desa bernama Ziller di Eropa.
Para lelaki yang sedang mencari pasangan di desa itu harus mengunyah tembakau, kemudian meminta seorang gadis mengambil tembakau dari mulutnya dengan mulut gadis tersebut. Jika sang gadis tidak memuntahkan kunyahan tembakau itu, berarti ia setuju untuk menjadi kekasih sang laki-laki.
Namun ada juga literatur lain yang mengatakan bahwa tradisi berciuman berawal dari jaman manusia gua. Ketika itu, para ibu biasa mengunyah dulu makanan untuk bayi mereka, baru memindahkan makanannya pada bayi mereka dengan mulut. Sejak itulah ciuman digunakan sebagai pembuktian cinta kasih.
Dalam perjalanan berikutnya, ritual berciuman pun tidak selalu menggunakan bibir karena kemudian manusia mengenal ciuman pipi dengan istilah trendy "cipika-cipiki", cium tangan, dan ciuman di udara atau yang juga kita sebut kiss-bye.
Luasnya makna dan fungsi berciuman juga membuat aktivitas yang satu ini menjadi sangat beragam bentuk dan fungsinya bagi berbagai kebudayaan, misalnya seperti yang dilakukan orang Eskimo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar