Sabtu, 30 Maret 2013

Kursi Mana yang Ter-Aman di Pesawat?

Pilih tepat kursi terbaik di pesawat (Foto: telegraph)

SAAT berada di pesawat, kursi mana ya, yang paling aman bila terjadi kecelakaan? Sebuah studi dari situs Telegraph siap mengungkapkannya.

Kecelakaan pesawat memang tak dapat dihindari, dan seringkali sedikit yang selamat. Namun tentu ada kursi-kursi tertentu di pesawat yang lebih aman dari kursi lainnya bila kecelakaan terjadi.

Banyak teori mengenai kursi teraman di pesawat. Ada yang mengatakan kursi teraman berada di dekat sayap pesawat, karena itu adalah bagian terkuat dari sebuah pesawat. Ada pula yang mengatakan bagian belakang yang paling aman.

Produser-produser film dokumenter The Crash mencoba menguji teori ini. Dia membawa kamera, sensor dan boneka penguji di sebuah Boeing 727 untuk membuatnya 'jatuh' di Gurun Sonoran, Meksiko.

Setelah dijatuhkan, bagian depan pesawat dan 11 baris terdepan yang biasanya diduduki penumpang kelas pertama dan bisnis di pesawat tersebut hancur. Ilmuwan menyimpulkan bahwa dengan tes seperti itu, tidak ada penumpang kelas pertama yang selamat.

Pada 2007 Majalah Popular Mechanics juga melakukan studi yang sama. Mereka menganalisis data pesawat jatuh sejak 1971 hingga 2007, dan menemukan bahwa penumpang yang duduk di bagian paling belakang pesawat punya kesempatan bertahan hidup dari kecelakaan lebih besar.

Penggunaan sabuk pengaman juga menentukan keselamatan Anda. Sebuah studi tahun lalu di Meksiko menunjukkan bahwa penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman memiliki kesempatan hidup yang kecil ketika pesawat jatuh. 

Dari data-data ini, Telegraph membuat kesimpulan bahwa kursi yang teraman sesungguhnya adalah kursi kelas ekonomi, yang berada di bagian belakang pesawat. Terutama bila Anda mengenakan sabuk pengaman, dan berada beberapa baris dari pintu darurat.

Langit Indonesia Segera Dikuasai Lion Air

Berikut adalah tips bagaimana memilih kursi di pesawat sesuai kebutuhan Anda, seperti dikutip dari News:

Hindari kursi dekat toilet

Bila ingin perjalanan penerbangan yang damai, hindari kursi di dekat toilet. Karena sepanjang perjalanan, Anda akan terganggu oleh suara langkah kaki penumpang yang akan menggunakan toilet, ditambah baunya toilet.

Tak tahan guncangan, pilih bagian tengah

Bila Anda mudah mabuk udara atau tak tahan guncangan saat penerbangan, pilihlah duduk di tengah pesawat. Sebuah studi dari Skyscanner menemukan bahwa bagian tengah pesawat paling stabil bila terjadi guncangan.

Ruang kaki lega, pilih kursi paling depan atau belakang

Apabila postur tubuh Anda tergolong tinggi atau berkaki panjang, pilihlah kursi di bagian paling depan atau paling belakang pesawat. Bagian tersebut memiliki ruang untuk kaki yang lebih luas dari kursi lainnya.

Kursi keselamatan, paling belakang

Menurut penelitian dari Discovery Channel, ternyata kursi yang paling aman saat terjadi kecelakaan pesawat adalah kursi paling belakang. Penumpang yang duduk di bagian paling belakang lebih mudah keluar pesawat sehingga memiliki kesempatan hidup lebih tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar