Proyek game online pertama kali dinamai proyek Plato yang dikembangkan
tahun 1972. Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Control Data
Corporation dan Universitas Illinois, Amerika Serikat (AS). Lewat proyek
itu, para mahasiswa bisa berinteraksi melalui terminal untuk
kepentingan pendidikan dan pengembangan pengetahuan tentang komputer.
Di tahun 1972, jaringan interaksi tersebut kemudian digunakan oleh para
mahasiswa untuk mengembangkan game yang bisa dimainkan oleh banyak
orang. Interaksi ini kemudian menghasilkan atu interface khusus dalam
jaringan tersebut yang hanya dialokasikan untuk menampung game. Saat
itu, atmosfernya belum komersial.
Hampir bersamaan dengan itu, lembaga antariksa NASA juga membuat game
yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Tahun 1973, NASA membuat
multiplayer game dengan nama Maze War. Game ini mendorong tersedianya
server buat hosting game. Konsep inilah yang kemudian mengalami
reinkarnasi menjadi server-server besar yang menampung game online.
Barulah mulai tahun 1978, Multi User Dangeon (MUD) dikembangkan sebagai
varian sistem game online pertama yang dikomersialkan. Genre game online
berbasis MUD ini memang belum bisa dimainkan lintasnegara. Basis ini
menjadi cikal bakal lahirnya Massively Multiplayer Online Role-Playing
Games (MMORPGs) yang menyusun konsep dasar game online lintasnegara.
Di tahun 1984, MAD lahir sebagai game online pertama yang bisa dimainkan
dari berbagai negara. MAD sebenarnya adalah platform MUD yang
dihubungkan oleh jaringan internet yang menghubungkan berbagai belahan
dunia. Tahun 1991, American Online (AOL) juga mengembangkan game online
yang khusus disediakan untuk para pelanggannya. Game buatan AOL ini
diberi nama Neverwinter Night. Ini adalah game online grafis pertama
yang berbasis MMORPGs. Setelah itu, kemudian game-game online menjadi
sangat populer dan digemarin banyak orang terutama anak muda.
sumber: http://tau-sejarah.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar