Senin, 11 Februari 2013

Nama-Nama Dewa Cinta di Dunia


 Happy-Valentine-day-01

Mungkin Anda telah mengenal cupid si dewa kecil yang pergi ke mana-mana membawa busur cinta dan menembakkan panahnya pada dua insan agar mereka jatuh cinta. Setidaknya, demikianlah menurut mitos Yunani kuno.

Bagaimana dengan mitos cinta di negara lain? Mari kita intip beberapa negara yang ternyata punya dewa lain yang disebut-sebut sebagai dewa cinta.


Dewa Cinta Aztec: Xochiphili
Selain sebagai dewa cinta, dalam kebudayaan Aztec ia juga dikenal sebagai dewa seni, games, kecantikan, bunga, lagu juga tarian.

Dewa Cinta China: Yue-Lao
Dipercaya sebagai dewa yang mengikatkan tali perjodohan berwarna merah, yang tak dapat dilihat mata. Seringkali wanita maupun pria yang belum bertemu dengan jodohnya akan berdoa kepadanya dan memohon agar lebih cepat ditemukan dengan jodoh.

Dewa Cinta Mesir: Bastet
Selain dewa cinta, dewa Bastet juga dikenal sebagai dewa pelindung, dewa kecantikan, dewa seni serta seksualitas.
Tak hanya mereka yang mencari jodoh yang datang padanya, tetapi juga yang mendambakan dikaruniai keturunan.

Dewa Cinta Yunani: Aphrodite
Cantik dan dipuja, Aphrodite dikenal sebagai dewa kecantikan serta cinta. Hingga saat ini, patungnya banyak diabadikan oleh pekerja seni dan digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik serta bersahaja.

Dewa Cinta Jepang: Benzaiten
Di Jepang, dewa cinta dikenal dengan nama Benzaiten atau dipanggil sebagai Saraswati dalam agama Hindu. Dipercaya, ia adalah dewa yang mempertemukan Anda dengan pasangan apabila berdoa kepadanya.

Dewa Cinta Afrika: Ochun
Ochun adalah dewa cinta, uang dan kebahagiaan yang dikenal di Afrika. Karena dianggap membawa banyak hal baik di dalam hidup, upacara penyembahan Ochun seringkali dilakukan di delta sungai yang sangat subur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar