Senin, 25 Februari 2013

Tennessee, iPad Digunakan untuk Perpanjangan SIM

iPad telah terbukti menjadi perangkat teknologi yang paling produktif dan kita semua telah menyaksikan bagaimana iPad digunakan untuk berbagai tujuan seperti pendidikan. Dan sekarang, penggunaan lain yang tak kalah inovatif dari iPad adalah di bidang pelayanan masyarakat.


Kini, Pemerintah Negara Bagian Tennessee memperkenalkan penggunaan perangkat iPad untuk membantu memangkas waktu tunggu perpenjangan surat ijin mengemudi warga.

Kira-kira 72 kios iPad telah dibuka di 26 unit pusat layanan pengemudi oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri yang akan bertindak sebagai titik-titik swalayan bagi para pengemudi yang surat ijin mengemudinya telah kadaluarsa atau hilang karena berbagai sebab.

Dengan menggunakan aplikasi khusus yang didesain pihak berwajib, para pengemudi akan dipandu dengan jelas melalui proses perpanjangan. iPad ini memungkinkan para pengendara mengisi formulir elektronik, dan mengadakan transaksi pembayaran biaya dengan otomatis. Ini tentu sangat membantu menghemat waktu tunggu di pusat layanan perpanjangan SIM dan mengurangi beban kerja staf yang berwajib.

driverslicenceipads

Menurut departemen terkait, proses ini dapat diselesaikan dalam hitungan menit saja. Para pengguna juga bisa mengubah detil-detil data diri mereka dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk masa mendatang, kemampuan untuk menjadwal uji layak mengemudi akan ditambahkan pula.

Pemerintah Tennessee telah memanfaatkan teknologi terbaru untuk memudahkan pelayanan konsumen publik dan membuatnya lebih baik dan cepat. Warga menjadi lebih terbantu.

Adakah yang ingin menerapkannya di Indonesia pula?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar