Rabu, 23 Oktober 2013

Musik Bisa Sembuhkan Sakit Hati?


Apa yang mindtalkers lakukan saat lelah atau resah? Pasti rasanya ingin menenangkan dengan cara jalan-jalan ke mall, dan juga bersantai di rumah saja. Nah, tapi ada lagi nih cara yang lebih jitu untuk mengatasi rasa sakit hati.

Seorang psikolog dan art therapist, Monty Satiadarma punya cara yang lebih tepat untuk mengatasi pemulihan mental karena sakit hati. Idenya ia adalah menggunakan musik secara abstrak, sesuai tingkatan sakit hati seseorang. Musik yang biasanya digunakan adalah jenis musik klasik.

Menurutnya, musik klasik punya getaran udara harmonis yang ditangkap oleh organ pendengaran, dan disampaikan kepada susunan saraf pusat sehingga menimbulkan kesan tertentu dalam diri.

Ia juga menambahkan jika musik bukan bunyi semata, tapi integrasi dari beragam sumber bunyi yang memiliki timbre (warna nada), ritme (irama), intonasi, dan yang paling penting harmoni. Dengan demikian, jika rangsang (stimulus) itu teritegrasi dan bersifat harmonis maka sel penerima dalam tubuh akan menginterpretasikannya dalam bentuk yang harmonis pula. Untuk membuktikan hal itu, Monty pun menggunkan alat untuk mengukur suhu kulit. Perubahan suhu akan menunjukan reaksi seseorang saat mendengarkan musik.

Wah, menurut Anda selain mendengarkan musik, apalagi ya yang bisa menghilangkan sakit hati?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar