Selasa, 05 Maret 2013

Terungkap Kerangka Tubuh Putri Duyung "True or Fake"





Sepertinya, hampir setiap orang tahu tentang Putri Duyung, karena hingga saat ini kisah tentang Putri Duyung masih sering dimunculkan melalui imajinasi-imajinasi baru dan beberapa cerita meminjam karakter putri duyung sebagai makhluk asing yang menawan. Seperti halnya dalam film, serial televisi, novel juga lukisan.

Menurut legenda, Putri Duyung adalah makhluk air yang memiliki kepala dan tubuh layaknya seorang perempuan dan ekor menyerupai ikan.

Ikan duyung hidup di dasar laut dan dikatakan merupakan seorang putri yang telah dikutuk sebagian anggota badannya dari pinggang hingga ke kaki menjadi ikan.

Putri duyung merupakan makhluk legendaris yang ceritanya sudah beredar berabad-abad yang lalu. Mereka termasuk salah satu makhluk legendaris separuh manusia separuh hewan. Cerita mengenai wujud putri duyung hampir sama dalam semua masyarakat di dunia.

Dalam mitologi Yunani, putri duyung dikatakan selalu menggoda para pelaut yang lalai. Siapa saja yang tergoda akan menemui ajalnya. Masyarakat Babilonia juga menyembah putri duyung sebagai dewa laut yang dikenal sebagai Ea atau Oannes. Oannes digambarkan sebagai duyung jantan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Putri Duyung...






Nah, berkaitan dengan Putri Duyung, beberapa waktu yang lalu atau sekitar bulan Juli tahun 2012 ini, sempat tersiar kabar yang cukup heboh yaitu tentang penemuan kerangka tubuh Putri Duyung. Berikut gambarnya,





Menurut informasi yang beredar, gambar diatas adalah bukti penemuan kerangka tubuh Putri Duyung yang ditemukan di Bulgaria. Tepatnya di dekat pantai Sozopol, oleh seorang Profesor bernama Dimitrov. Diduga bahwa fosil kerangka Putri Duyung tersebut berasal dari 8 milenium alias 8000 tahun yang lalu... #wihhh... berarti tua banget yaa, hmm... pasti mahal banget tuh kalau dijual, hihihi... #

Mungkin yang disebut-sebut sebagai Profesor Dimitrov ini adalah pria yang berpakaian hitam-hitam yang ada pada gambar diatas. Karena setelah saya cari tahu kesana-kemari, saya tidak menemukan identitas pria yang ada pada gambar tersebut, jadi dipastikan bahwa pria itulah yang bernama Dimitrov.

Saat pertama kali melihat dan membaca informasi tersebut, yang juga banyak di share oleh teman-teman saya di Facebook, saya sendiri benar-benar merasa takjub, kaget dan penasaran, apakah berita tersebut benar atau tidak. Memang dari sekilas saja bisa ditebak bahwa gambar itu adalah hasil editan. Karena kalau diperhatikan, letak kerangka dan letak Prof. Dimitrov dalam gambar tersebut terlihat janggal. Tapi karena banyak juga yang memberi komentar bahwa diedit cuma buat keperluan publikasi aja, sambil masih tetap penasaran, saya percaya aja... terlebih saya memang suka segala sesuatu tentang Putri Duyung. Jadi seneng, bahwa ternyata Putri Duyung itu nyata atau pernah ada, dengan bukti ditemukannya fosil tersebut.

Dan menurut info yang saya dapat, gambar diatas pertama kali dipublikasikan di dinding Facebook seorang wartawan dengan nama akun Peter Genchev.

#hmm... wartawan gitu lho yang nge-share, semakin menambah persentase kepercayaan saya, bahwa gambar berita tersebut adalah benar#

Namun ternyata, saya harus kecewa...
Karena beberapa hari yang lalu, mungkin saat orang-orang termasuk saya lupa dengan berita tersebut, saat browsing internet saya menemukan informasi bahwa gambar tersebut adalah murni editan dan fosil kerangka tubuh Putri Duyung itupun tidak pernah ditemukan di Bulgaria alias gambar dan berita tersebut adalah Fake.

Gambar kerangka Putri Duyung tersebut adalah salah satu foto dalam ajang kompetisi "Archaeological Anomalies 13th", yang entah diedit oleh siapa sehingga dalam foto tersebut ada sosok pria berpakaian hitam, #itu orang kayaknya excited banget ya untuk tenar, hehehe...#

Berikut gambar kerangka Putri Duyung yang dipublikasikan oleh Worth1000 Photoshop Competition sebagai salah satu kontestan,







Dan dari Snopes.com berikut gambar kerangka asli sebelum diedit menjadi gambar kerangka Putri Duyung :




 Akhirnyaaa... terjawab sudah rasa penasaran saya.
Dan mungkin juga rasa penasaran kamu, yang pernah mendengar berita tentang penemuan kerangka Putri Duyung ini dan belum mengetahui kebenarannya...
Sekarang jadi tau kaaann.... hehehe,
 
Sumber : http://deebacalah.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar