Selasa, 05 Maret 2013

Bendera Australia Diusulkan Diganti, Inilah Bentuk Desainnya

Desain baru bendera Australia telah diajukan untuk menggantikan desain saat ini yang mengunakan latar biru dengan union jack dan enam bintang, ini adalah bentuk eksistensi untuk menunjukkan bahwa Australia telah lepas dari kedigdayaan Inggris.


Adalah John Blaxland, sejarawan militer dari Australian National University yang mendesain bendera baru ini dengan bantuan beberapa seniman grafis. Dia ingin desainnya representatif seperti bendera berhiaskan daun mapel yang digunakan oleh Kanada.

Dalam desain baru tersebut, ada unsur tradisional aborigin, dimana bumerang dengan garis putih terdapat di desain tersebut. Selain itu pengunaan bintang dengan tujuh sudut, dengan 250 titik yang merepresentasikan keragaman bahasa di Australia.


Sejauh ini, bendera ini masih menerima bermacam pandangan. menurut Blaxland. Meski mengundang kontroversi, namun itu merupakan ciri khas keragaman Australia. “Orang dapat dengan mudah mengenali bahwa Australia memiliki daerah dengan bermacam budaya yang kaya dengan sejarah dan dapat menyentuh hingga ke generasi tertua,” ujar Blaxland. “Aku mendapatkan kesamaan dari bendera sekarang, dimana Union Jack menjadi petunjuk bahwa ini masih Negara bagian Inggris, dan banyak yang tidak suka. aku rasa kita harus memberikan sesuatu yang akan menunjukkan bahwa ini Australia,” tambah Blaxland.

Blaxand pun memahami bahwa akan ada sebagian orang yang tidak menyukai ide desainnya itu. Namun hal tersebut rupanya tidak menjadi masalah besar bagi Blaxand karena menurutnya warga Australia perlu berkompromi untuk menemukan sesuatu yang inklusif dan menarik bagi warga negara tersebut.

Belum ada tanggapan apa-apa dari pemerintah Australia terkait pengajuan Blaxand tersebut.

Isu Lama

Isu pergantian bendera Australia telah menjadi perdebatan sengit selama lebih dari dua dekade.

Mereka yang menuntut perubahan mengatakan bahwa bendera yang ada saat ini tidak mewakili Australia modern, dan mirip dengan bendera negara lain, salah satunya Selandia Baru.


Bendera Australia
Bendera Selandia Baru
Selain itu, lambang Union Jack di pojok kiri atas bendera saat ini tidak menunjukkan bahwa Australia adalah negara merdeka. Union Jack biasa digunakan di bekas negara persemakmuran Inggris. Negara lain yang masih memakai lambang ini adalah Selandia Baru, Fiji, dan Tuvalu. Kanada dulu juga memiliki lambang ini, namun sudah diganti.

Warna bendera yaitu merah, putih dan biru juga tidak melambangkan warna nasional, yaitu hijau dan emas ataupun warna tradisional Australia yaitu biru dan emas. Dan alasan-alasan lainnya.

Sedangkan yang menolak perubahan mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada bendera yang menyamai derajat bendera yang ada saat ini. Menurut mereka, secara historis bendera saat ini sangat bernilai, digunakan pada saat perang dan merayakan pencapaian internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar