Selasa, 12 November 2013

Bergambar Soekarno, Indonesia Sempat Punya Uang Seperti Dolar

http://images.detik.com/content/2013/11/10/5/10rpdalam.jpg

Bank Indonesia (BI) memiliki koleksi mata uang tempo dulu yang masih terawat dengan baik. Salah satu yang menarik adalah mata uang Republik Indonesia Serikat (RIS) yang bentuknya seperti dolar.

"Ini mata uang Republik Indonesia Serikat. Bentuknya sekilas memang mirip dolar," kata petugas Museum Numismatik Bank Indonesia kepada detikFinance saat ditemui di Museum BI, Kawasan Kota Tua.

Dijelaskan petugas tersebut Indonesia sempat menjadi Republik Indonesia Serikat yang disingkat RIS. RIS ini merupakan negara federasi yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949.

"Ini waktu itu diputuskan sebagai hasil kesepakatan tiga pihak dalam Konferensi Meja Bundar," tutur petugas tersebut.

Sejak saat tersebut alat tukar yang merupakan uang pun dicetak baru. Tak hanya uang, perangko dan sejenisnya juga dicetak menggunakan nama Republik Indonesia Serikat.

Museum BI ini memang menyimpan sejarah tentang uang dan segala aktifitas bank sentral tempo dulu. Museum BI ini menjadi suatu lembaga tempat mengumpulkan, menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan aneka benda yang berkaitan dengan perjalanan panjang BI.

"Saat ini memang telah ada beberapa museum yang keberadaannya mempunyai kaitan dengan sejarah BI, namun museum-museum tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Selain itu, gagasan untuk mewujudkan Museum Bank Indonesia juga diilhami oleh adanya beberapa museum bank sentral di negara lain, sebagai sebuah lembaga yang menyertai keberadaan bank sentral itu sendiri," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Difi Johansyah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar