Kamis, 14 November 2013

Apa yang Melatarbelakangi Kematian Putri Diana?

lady diana 490x326 Apa yang Melatarbelakangi Kematian Putri Diana?

31 Agustus 1997 Lady Di, atau Putri Diana meninggal dunia karena kecelakaan mobil yang dikemudikan di jalan terowongan Pont de l’Alma di Paris. Ia saat itu tengah bersama dengan Dodi Al-Fayed dan sopir Henri Paul.
Mobil Mercedes-Benz W140 (no pendaftaran 688 LTV75) milik Hôtel Ritz Paris.

Henri Paul mengemudi dengan kecepatan tinggi untuk menghindari kejaran para fotografer paparazzi. Analisis darah menunjukkan Henri Paul telah minum alkohol lebih dari tiga kali dan mengurangi kestabilan sewaktu menyopir.

Namun, ada yang menyebutkan sampel darah itu milik orang lain, karena biasanya sopir hotel sangat profesional. Henri Paul berhasil melintasi 13 tiang terowongan tetapi gagal mengendalikan mobil selepas itu. Terowongan dua tiang itu dibuat  tanpa pagar logam. Semua yang berada dalam mobil tidak memakai sabuk pengaman. Anehnya pengawal pribadi Fayed yang bernama Trevor Rees-Jones selamat.

Dodi Fayed dan Diana duduk di tempat duduk belakang. Perdarahan terjadi sehingga Dodi dan Henri mati di tempat kejadian, sedangkan dalam 2 jam setelah dioperasi di rumah sakit, Diana menyusul sekitar jam 4 pagi. Kecelakaan sendiri terjadi sekitar jam 1 pagi.

Pemakaman diadakan pada 6 September 1997 dan disiarkan secara langsung ke seluruh dunia, ditonton lebih 1.5 miliar penonton di seluruh dunia.

Dian Frances Spencer merupakan anak kedua dari Edward John Spencer, yang kemudian menjadi Earl Spencer ke-8, dan istri pertamanya, Frances Spencer, Viscountess Althorp. Diana dilahirkan di Park House, Sandringham, di Norfolk, Inggris, dan dibaptiskan di Gereja Santa Maria Magdalena oleh Pendeta Percy Herbert.

Diana mempunyai latar belakang keluarga kerajaan dan bangsawan. Dari ibunya, Diana mempunyai darah orang Amerika. Moyang Diana merupakan seorang wanita dari keluarga berada dari Amerika, Frances Works. Ayan Diana sendiri merupakan keturunan langsung Raja Charles II melalui dua anak laki-laki di luar nikah dan meneruskan Raja James II melalui seorang anak perempuannya di luar nikah.

Menurut penyusun biografi Diana, Lady Colin Campbell, moyang Diana, Eliza Kewark (beberapa sumber mengeja nama Kewark sebagai “Kevork” atau “Kevorkian”) berasal dari Bombay, India dan kemungkinan keturunan orang India, walaupun keluarga Diana sering mengatakan keluarga “Kevork/Kewark” adalah dari Armenia.

Di balik kematian Diana, meruak berbagai teori konspirasi. Ayah Dodi Fayed ialah Mohamad Fayed seorang pengusaha keturunan Mesir yang memiliki toko mewah Harrods. Banyak teori mengaitkan perisik M16, CIA dan Mossad terlibat dalam komplotan membunuh putri yang diramalkan akan memeluk Islam dan diramalkan mempunyai anak beragama Islam. Namun sampai saat ini tak pernah ada bukti yang menguatkan hal ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar