Kamis, 09 Mei 2013

Bagaimana Astronot ke WC?


Pernah kepikiran gak, gimana yah kalo Astronot mau ke WC, kan berhari-hari tuh bahkan berbulan-bulan baru kembali ke bumi. Sementara Astronot harus memakai baju yg berlapis-lapis, tambahan lagi, di ruang hampa udara, setetes air saja bisa terbang-terbangan kemana-mana. Jadi gimana ya? Kalo pake pampers berbulan-bulan begitu repot juga yah? Ada yang tahu caranya?

Mari share disini...........

Cara untuk pergi ke kamar mandi di angkasa
Latihan buang air - Cara Kembali ke The Bathroom Dalam Ruang
Pertunjukan Kebersihan Pribadi Ritual Tanpa Gravitasi

Oleh Nick Greene,
Ada banyak hal yang kita anggap remeh di Bumi yang mengambil seluruh aspek baru ketika Anda mengorbit bumi di gayaberat mikro dalam pesawat ruang angkasa atau Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Salah satu yang paling sering diajukan bahwa NASA menerima melibatkan ritual mandi. Mari kita lihat apa perjalanan ke kamar mandi di pesawat ruang angkasa memerlukan.

Mandi

Tidak ada mandi di pesawat ulang-alik, sehingga astronot harus membuat hubungannya dengan spons mandi sampai mereka kembali ke rumah. Mereka mencuci dengan lap basah, menggunakan sabun yang tidak perlu dibilas. Para kru membawa banyak handuk untuk mengeringkan diri mereka dengan. Untuk memberikan sedikit privasi, mereka memperpanjang tirai dari WCS (Limbah Sistem Collection), toilet atau kamar mandi.

Yang pintar mengambil mandi selama menyeluruh sebelum lepas landas.


Menyikat Gigi:

Kebersihan gigi disajikan masalah unik untuk astronot. Expectorating (meludah) di lingkungan dekat tanpa bobot tidak pernah menjadi ide yang baik. Seorang konsultan gigi dengan NASA Johnson Space Center di Houston mengembangkan pasta gigi yang bisa tertelan. Hal ini sekarang dipasarkan secara komersial sebagai NASAdent. Ini telah menjadi terobosan besar bagi orang tua, pasien rumah sakit, dan lain-lain yang mengalami kesulitan menyikat gigi mereka. Hal ini foamless dan ingestible.

Astronot pesawat ruang angkasa yang tidak bisa membawa diri untuk menelan pasta gigi, atau yang telah membawa merek favorit mereka sendiri kadang-kadang meludah ke kain lap.

Gunakan Toilet:

Karena tidak ada gravitasi untuk baik memegang mangkuk toilet penuh air di tempat atau menarik kotoran manusia ke bawah, merancang toilet untuk gravitasi nol bukanlah tugas yang mudah. NASA harus mengembangkan cara untuk menggunakan aliran udara untuk membuat urin atau feses pergi ke mana mereka inginkan.

Ada toilet di setiap pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan oleh laki-laki atau perempuan. Meskipun dirancang untuk menjadi sebanyak mungkin seperti yang di Bumi, ada sejumlah perubahan. Straps berada di tempat untuk menahan kaki terhadap lantai. Pivoting bar ayunan di paha, memastikan pengguna tetap duduk. Karena sistem beroperasi pada ruang hampa, segel ketat sangat penting.

Selain toilet utama, ada selang, yang digunakan sebagai tempat kencing oleh pria dan wanita. Hal ini dapat digunakan dalam posisi berdiri atau dapat dilampirkan ke commode dengan braket pemasangan berputar untuk digunakan dalam posisi duduk. Sebuah wadah terpisah yang memungkinkan untuk pembuangan tisu. Ketiga unit menggunakan aliran udara bukan air untuk memindahkan sampah melalui sistem.

Di kotoran manusia dipisahkan dan limbah padat dikompresi dan disimpan on-board, dan kemudian dihapus setelah mendarat. Air limbah dibuang ke luar angkasa, meskipun sistem masa depan bisa mendaur ulang itu. Udara disaring untuk menghilangkan bau dan bakteri dan kemudian dikembalikan ke kabin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar