Selasa, 07 Mei 2013

Asal-Usul Keyboard Qwerty Ternyata Masih Diragukan


Sebelumnya kalian mungkin pernah membaca tentang asal-usul keyboard QWERTY. Dari sekian sumber yang ada, mereka mengatakan hal yang sama: keyboard QWERTY diciptakan untuk memperlambat para pengetik agar mesin tik tak cepat macet. Ternyata info tersebut masih diragukan kebenarannya.

Baru-baru ini penelitian yang dilakukan oleh orang Jepang membeberkan alasan kenapa saat ini keyboard memakai susunan QWERTY. Yang jelas bukan karena para pencipta mesin tik ingin memperlambat para pengetik, melainkan karena peran para operator telegraf. Lho, kok bisa?

Nah, sebenarnya dalam pengembangan awal mesin tik, operator telegraf diikutsertakan. Mereka adalah orang-orang yang harus menerjemahkan pesan dengan cepat. Namun mereka justru merasa kesulitan dengan abjad yang disusun sesuai urutan. Mereka menilai susunan keyboard yang ada ternyata sangat membingungkan dan kurang efisien untuk menerjemahkan sandi Morse.

Berdasarkan input para operator telegraf tadi, jadilah susunan keyboard QWERTY yang sekarang.
Namun, walaupun penelitian ini seolah-olah membantah asal-usul keyboard QWERTY yang sudah lebih dulu ada, orang-orang masih banyak yang berpendapat bahwa keyboard QWERTY diciptakan untuk menghindari mesin tik 'macet' karena terlalu cepat menulis.

Hmmm... Kalau menurut kalian sendiri, mana asal-usul yang lebih masuk akal?


sumber: http://light.mindtalk.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar