Selasa, 21 Mei 2013

Pekan Depan 3 Planet Akan Terlihat Bersama di Angkasa


SEBUAH fenomena langka akan menghiasi langit malam pada pekan depan, tepatnya 28 Mei 2013. Tiga planet bakal 'menari' bersama, yaitu Venus, Jupiter, dan Merkurius.

Ahli astronomi Mark Thompson menyatakan bahwa ketiga planet tersebut akan tampak saling berdampingan. Meski kenyataannya, mereka terpisah sejauh jutaan kilometer.

“Saya masih merasa takjub ketika memprediksi kejadian langit itu. Ini benar-benar gila!” tulis Thompson di situs Discovery News, 17 Mei 2013.

Salah satu hal penting dalam hukum tata surya: seluruh planet terus mengelilingi matahari, tanpa henti. Rutinitas yang pada dasarnya berasal dari hukum gravitasi ini, memungkinkan ilmuwan memprediksi pergerakan planet dengan akurat. Dari hukum itu, peneliti memprediksi bila Venus dan Jupiter akan berada dalam jarak 1 derajat. Untuk menambahkan kilauannya, Merkurius berada tak jauh di atas mereka.

"Meski kelihatannya dekat, sesungguhnya Jupiter berada sejauh 660 juta kilometer lebih dari Venus," kata Thompson. "Dan 774 juta kilometer dari Merkurius." Merkurius merupakan planet yang selalu sulit dilihat.
Namun dalam tarian itu, dia akan mudah terlihat di arah barat, setelah matahari terbenam.

Jika ingin mencoba melihat keindahan alam ini, tunggulah sampai matahari terbenam dan langit barat sudah gelap. Lalu, carilah dua planet cerah; di bagian terendah ada Jupiter dan di atasnya terdapat Venus yang lebih cerah. Tak lupa si Merkurius yang sedikit lebih pucat di atas keduanya.


sumber: tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar