Jumat, 17 Mei 2013

Andai Semua Orang Alergi Uang, Masih Adakah Korupsi?


Koruptor yang 'gila' uang kerap ditemui di Indonesia. Meski demikian, ada lho beberapa orang yang justru alergi terhadap uang, khususnya uang logam.

Hal ini bukanlah hal yang baru di dunia kedokteran, karena alergi terhadap uang terjadi pada bahan yang digunakan untuk membuat uang tersebut. Hal ini diungkapkan oleh dr Eddy Karta, SpKK yang berpraktik di rumah sakit Cipto Mangunkusumo yang ditulis oleh detikhealth.

Menurut dr Eddy alergi merupakan reaksi hipersensitifitas yang terjadi pada tubuh. Alergi tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dicegah agar tidak timbul reaksi seperti merah dan gatal-gatal atau yang paling fatal hingga menimbulkan sesak nafas.

"Walaupun saya tidak mempunyai angka berapa persen pasien yang menderita hal ini, namun hal ini cukup banyak terjadi," ujar dr Eddy. Dr Eddy mengatakan berbagai bahan yang bersinggungan pada kulit yang memiliki sifat sebagian partikel dapat masuk ke dalam kulit.

Nah, hal inilah yang memiliki potensi menyebabkan alergi. "Contoh yang sering adalah logam terutama nikel yang biasanya terdapat pada aksesoris seperti jam, kalung, anting," kata dr Eddy.

Tidak hanya pada bahan-bahan yang berbentuk logam, ternyata dalam bentuk cairan pun dapat menyebabkan hal ini terjadi. "Bahan parfum, bahan pewangi, dan pelicin pakaian dapat memicu terjadinya alergi dan yang patut diwaspadai adalah tato temporer. Karena kasus alergi ini justru banyak terjadi akibat bahan tato temporer," tambah dr Eddy.

Dikutip dari detikhealth, alergi terhadap uang disebabkan sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi nikel sebagai 'musuh'. Namun para pakar kulit tak mengetahui mengapa sejumlah orang bisa mengidap alergi terhadap beberapa jenis unsur logam, yang pasti peneliti menduga kondisi ini bisa saja menurun dalam keluarga. Kemungkinan terburuknya adalah kulit Anda lecet dan rasanya sangat menyakitkan.

Selain itu, kasus ini juga sempat menimpa Emma Killilea. Ia harus mengalami gatal dan iritasi pada telapak tangannya seperti yang dilansir detikhealth. Karena tak bisa sembuh, penderita alergi uang sebisa mungkin harus menghindar dan untungnya dengan kemajuan zaman saat ini sudah tersedia uang dalam bentuk lain yaitu kartu yang terbuat dari bahan plastik. Andai Semua Orang Alergi Uang, Masih Adakah Korupsi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar