Selasa, 13 Mei 2014

Pelukan Anti Karat

Pelukan Anti Karat

Pelukan Anti Karat



Pelukan adalah hal yang menyenangkan. Tapi, ada pelukan yang berbatas dan ada juga pelukan yang bisa dilakukan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun tanpa batas waktu. Misalnya saja, pelukan untuk anak, pelukan untuk sahabat, pelukan untuk barang-barang kesayangan, dan jenis pelukan lucu yang ternyata dilakukan bukan cuma oleh manusia tapi juga binatang. Pelukan karena rasa bahagia atau haru seperti inilah yang gak akan pernah membosankan untuk dilakukan siapa pun dan kapan pun karena sejatinya, pelukan adalah anugerah.

Manusia memang diciptakan dengan anugerah yang luar biasa oleh Tuhan, termasuk dalam sistem penyembuhan penyakit yang mungkin tidak bisa diterima secara logika. Seperti halnya pelukan yang dilakukan sebanyak 4 kali dalam sehari, ternyata bisa membuat seseorang bertahan hidup.

Seseorang yang ingin selalu tampil sehat membutuhkan 8 pelukan dalam sehari, sedangkan jika kamu menginginkan pertumbuhan yang baik, resep awet muda, dan kebahagiaan, maka kamu membutuhkan 12 pelukan dalam sehari.

Orang yang jarang melakukan aktivitas berpelukan cenderung lebih mudah stress, depresi, dan sakit-sakitan. Bahkan di dalam beberapa literature disebutkan bahwa salah satu terapi yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit fisik dan psikis adalah terapi berpelukan. Hal ini bisa terjadi karena pada saat berpelukan, seseorang akan merasakan kenyamanan dan kasih sayang dari orang yang dikasihinya.

Saat berpelukan inilah tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang membuat seseorang merasa damai dan penuh cinta. Hormon ini juga bisa membuat jantung dan pikiran sehat sehingga seseorang akan merasa lega setelah berpelukan. Jadi, berpelukanlah dengan siapa pun yang bisa membuatmu nyaman agar kamu hidup sehat, bahagia, dan awet muda!

Jenis Pelukan Menurut Kitab Kama Sutra 

Kitab yang terkenal berasal dari India ini menjadi salah satu kitab yang banyak digunakan oleh berbagai pasangan di seluruh negara sebagai panduan dalam berhubungan intim. Selain menjelaskan posisi berhubungan intim, kitab ini juga ternyata menyimpan makna-makana berpelukan.

Jatawestitaka
Pelukan ini diartikan seperti pemintalan tumbuhan menjalar. Perempuan menggantungkan diri pada pasangan prianya yang sedang berdiri. Pelukan ini memilki arti khusus untuk yang berpasangan yaitu kemesraan dalam sebuah hubungan asmara.

Wrksadhirudhaka
Jenis pelukan ini merupakan jenis pelukan manja untuk seorang wanita. Wanita akan menunjukkan sifat manjanya kepada pasangan dengan posisi berpelukan. Pelukan ini dilakukan dengan satu tangan melingkar di bagian pinggang dan satunya lagi ke bagian bahu. Biasanya posisi ini sama halnya dengan posisi orang berdansa.

Tila-Tandulaka
Pelukan ini dilakukan dengan posisi berbaring seolah-olah tubuh dan jiwa pasangan menyatu dalam satu kesatuan yang utuh. Peukan ini merupakan pelukan yang memberikan kehangatan dan romantis sehingga setiap pasangan akan melakukannya dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Ksiraniraka
Posisi pelukan ini sama halnya dengan pelukan Tila-Tandulaka. Tetapi pelukan ini lebih aktif dan menggambarkan atau mengisyaratkan keinginan untuk melakukan peleburan dua jiwa dalam cinta yang hangat.

Cara Tepat Memberi Pelukan Untuk Anak

Energi yang dihasilkan dari sebuah pelukan bisa sangat besar dalam mengubah mental dan psikologis anak selanjutnya. Namun, banyak orang tua yang masih mengabaikan kondisi naluriah memberi energi pelukan itu secara total. Sehingga anak tidak dapat terkondisikan sepenuhnya. Berikut ini cara yang baik dan benar dalam memberikan pelukan untuk anak:

Membuka Lebar Tangan
Ketika anak dalam keadaan takut, misalnya setelah dimarahi atau sedang belajar jalan, orangtua bisa memastikan pada anak bahwa kondisi membaik dengan membuka tangan selebar-lebarnya sebelum benar-benar memeluknya. Anak yang maju dan menghampiri menandakan ia merasa lebih baik. Jika tidak, tugas orangtua untuk menghampiri dan mengatasi traumatiknya.

Dekapan Dua Tangan
Memeluk anak yang baik adalah melalui dekapan dengan kedua tangan. Hal ini membuktikan pada anak bahwa orangtua membuka dan memberikan sepenuhnya apa yang dibutuhkan anak: kehangatan dan kenyamanan.

Dekapan Satu Tangan
Jika orangtua sangat terpaksa memeluk anaknya dengan dekapan satu tangan, maka ia bisa melakukannya lebih erat dengan posisi tangan dari pinggang ke bahu melewati dada. Hal ini juga berlaku ketika posisi orang tua tidak berhadapan dengan anak (memeluk dari belakang).

Posisi Sejajar atau Lebih Rendah
Posisi tubuh mengungkapkan segalanya. Jika orangtua memeluk anaknya dengan membungkuk, anak tahu orangtuanya sedang terburu-buru dan terasa tidak ingin berlama-lama dengannya. Ini bisa menyebabkan anak menjadi rewel karena sedih. Posisi tubuh yang baik adalah dengan sejajar atau bahkan lebih rendah.

auhkan Semua Benda
Memeluk tidak memerlukan waktu lama. Sekalipun sedang sibuk tidak ada salahnya bagi orangtua menjauhkan seluruh benda dari jagkauan dan fokus untuk memeluk anak. Karena media lain bisa menghalangi daya transfer energi secara penuh bagi anak. Hal ini juga bisa menanamkan pada anak mengenai totalitas.

Gunakan Naluri
Orangtua yang peka akan lebih mudah melakukan ini. Naluri ketika memeluk akan terbantu kemunculannya dengan memejamkan mata. Rasakan sepenuhnya bahwa orangtua juga menyayangi anaknya dengan tulus dan selalu ingin menjaga serta memastikan anaknya baik-baik saja.

Dampak Pelukan Bagi Anak 

Setiap anak pada dasarnya memiliki ikatan mental yang kuat dengan kedua orangtuanya. Sekalipun kuat, ikatan mental perlu tetap dijaga dengan menunjukkan pada anak mengenai rasa kasih sayang, salah satunya dengan pelukan. Karena pelukan sangat kaya manfaat dan memiliki efek psikologis sebagai berikut:
Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Kenyamanan

Munculnya kepercayaan diri pada anak bukan hanya dilakukan dengan kata-kata, melainkan juga sentuhan. Dengan membelai dan memeluknya, anak merasa nyaman sekaligus merasa percaya diri bahwa ia memiliki orang-orang yang memberikan kasih sayang sepenuhnya.
Menenangkan Diri dan Hati

Di saat sedih, marah, kecewa, atau bahkan terlalu gembira, anak seringkali berlaku berlebihan. Memeluk bisa menjadi cara ampuh untuk menahan prilaku anak menuju berlebihan. Karena dengan memeluk, seorang anak merasa tenang.

Transfer Kehangatan
Ketika pelukan, terjadi kontak batin kuat yang membuat anak merasakan kehangatan tubuh orangtuanya. Hal ini dimanfaan sebagai salah satu bentuk penyembuhan ketika anak terserang penyakit. Salah satu obat mujarab dalam penyembuhan adalah semangat yang muncul dari dalam diri karena cinta. Cinta itu bisa digambarkan dengan pelukan.

Pelukan Ibu Bagi Anak
Bagi anak perempuan atau laki-laki, ibu adalah sosok pertama yang akan selalu terekam dalam memori. Makanya tidak heran jika dalam keadaan tertekan ataupun sedih, seorang anak akan segera menyebut ibunya. Pelukan ibu adalah segalanya. Ibu yang sering memeluk anak terbukti akan menghasilkan seorang anak yang penuh kasih, berkepribadian terbuka, dan memiliki empati lebih baik dibanding yang jarang mendapat pelukan.

Pelukan Ayah Bagi Anak Perempuan
Seorang ayah adalah sosok special bagi anak yang menempati posisi kedua pertama di samping ibu. Biasanya, ayah lebih melambangkan sosok pembelaan dan kesenangan bagi anak. Untuk anak perempuan, ayah yang baik adalah sosok pertama yang dicintainya. Pelukan ayah yang sering diberikan dapat membentuknya menjadi pribadi yang tangguh dan tegar.

Pelukan Ayah Bagi Anak Laki-Laki
Bagi seorang anak laki-laki pelukan dari ayah berarti kedekatan psikologis dan emosional yang berguna bagi masa depannya kelak. Anak laki-laki yang banyak mendapat pelukan dari ayahnya, bukan hanya memiliki empati dan kestabilan emosi, tapi juga kelak menjadi sosok ayah yang mengerti cara mencintai dan memeluk anaknya dengan baik.

Perubahan Psikologis Akibat Memeluk yang Salah
Untuk menghasilkan anak-anak dengan kecenderungan psikologis baik, konsistensi peran dan keseimbangan orangtua sangat penting. Jika timpang, anak perempuan yang sering dipeluk ayah bisa saja berubah jadi pribadi tangguh, namun tidak menyukai anak kecil. Begitu juga anak laki-laki yang yang jarang dipeluk ayah, ternyata sangat sering memeluk dan menyayangi anak-anaknya, namun kurang memiliki empati.

Jadi, sudahkah kamu memeluk anakmu hari ini?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar