Senin, 14 Januari 2013

Kunci Anda Mendapat Kebahagiaan Hidup

“Demi masa. Sungguh manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al Ashr: 1-3)

Adalah Al quran surat Al Ashr terdiri atas tiga ayat. Singkat, namun mengandung makna yang luas. Dalam surat ini tersimpan kunci-kunci kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Mengingat pentingnya keberadaan Quran Surat Al Ashr ini, sampai-sampai Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “seandainya manusia benar-benar mentadabburi surat ini, niscaya cukuplah ia menjadi jaminan kebahagiaan hidup mereka.”

Mengapa? Karena memang dalam surat ini Allah telah menawarkan pada manusia akan kunci-kunci kebahagiaan hidup. Adapun kunci-kunci tersebut diantaranya yaitu:

Pertama: Iman

Iman adalah kunci terpenting yang menentukan nilai amal dan derajat manusia di sisi Tuhannya. Karena bagaimana bagaimana pun tingginya kedudukan kita di mata manusia tidak akan ada artinya tanpa kehadiran iman dalam hatinya. Allah hanya akan menganugerahkan kebaikan dan keberkahan kepada hamba-hamba-Nya yang beramal dengan landasan iman.

Kedua: Amal Sholeh

Jika diibaratkan dengan tanaman, keimanan yang sejati tidak ubahnya sebatang pohon yang tumbuh subur dan mendapat perawatan yang tepat. Ia akan menghasilkan buah-buah yang berkualitas baik dan memberikan manfaat pada manusia dan makhluk lain yang ada di sekitarnya.

Demikian juga halnya dengan keimanan. Keimanan yang sejati akan tampil dalam bentuk amal sholeh dalam perilaku sehari-hari. Apa itu amal shaleh? Amal shaleh adalah segala bentuk ketaatan pada Sang Khalik. Meliputi:


  • Melaksanakan semua kewajiban yang disyariatkan oleh Allah.
  • Meninggalkan segala bentuk maksiat
  • Melakukan berbagai kebajikan.
Ketiga: Saling Menasehati dalam Kebenaran (Dakwah)

Iman dan amal sholeh hanya akan melahirkan keshalihan pribadi pada diri seorang muslim. Muslim sejati, tidak lah cukup hanya dengan iman dan amal sholeh. Dia juga harus memberikan manfaat pada keluarga dan lingkungannya. Sebagaimana pesan Rasulullah Saw dalam salah satu haditsnya bahwa manusia terbaik adalah manusia yang paling bermanfaat untuk orang yang lainnya.

Karena itu iman dan amal sholeh juga harus diiringi dengan saling mengingatkan, saling menasehati dalam kebenaran. Inilah yang dinamakan dengan dakwah. Dakwah adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim. Kewajiban yang akan mendatangkan cinta dari Allah dan menghadirkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Keempat: Saling Menasehati dalam Kesabaran

Kunci yang terakhir adalah saling menasehati dalam kesabaran. Mengingatkan kebaikan itu bukanlah hal mudah. Tidak semua orang yang bisa menerima nasehat dengan hati lapang. Sehingga dibutuhkan kesabaran yang jauh lebih besar dari pada semangat untuk mengingatkan. Demikianlah empat kunci kebahagiaan yang diajarkan oleh Allah Swt kepada kita melalui Al Quran Surat Al Ashr 1-3. Semoga kita bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat melalui kunci-kunci ini.

Ketika kehidupan memberimu SERIBU alasan untuk ingin SESUATU, fahamilah bahwa Allah punya SEJUTA pengetahuan akan KEBUTUHANMU.

JANGAN MENYERAH, nikmati setiap detik dengan ISTIQOMAH dan akhiri kelelahan hari ini dengan SENYUM & IKHLAS. Cukuplah Allah sebagai SAKSI & TUJUAN kita, karena Dia-lah sebaik-baik pemberi balasan.



Kupu-kupu tidak tahu warna sayap mereka, tapi orang-orang tahu betapa indahnya mereka.

Seperti juga dirimu, tidak tahu betapa indahnya dirimu tapi Allah tahu betapa istimewanya dirimu dimata-Nya.

Ketika engkau tunduk dalam syari'at-Nya, Ridha atas takdir-Nya, Tersenyum dalam musibah, Tegar dalam ujian, dan Teguh dalam pendirian. Subhanallah..

Semoga engkau, aku & kita semua termasuk orang yang terpilih menjadi yang terindah di mata-Nya, Aamin ya robbal'alamin..


Kunci Kemuliaan = Taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
Kunci Rizki = Usaha dibarengi dengan istighfar dan takwa
Kunci Surga = Tauhid
Kunci Iman = Membaca ayat-ayat Allah dan tanda-tanda keberadaan-Nya yang ada pada makhluk-Nya.
Kunci Kebaikan = Jujur
Kunci Hidupnya Kalbu = Merenungi Al-Qur'an, mendekatkan diri kepada Allah di penghujung malam hari dan meninggalkan dosa-dosa.
Kunci Ilmu = Tidak malu untuk bertanya dan mendengarkan dengan baik
Kunci Kemenangan & Keberuntungan = Sabar
Kunci Kebahagiaan = Takwa
Kunci Menambah Nikmat = Bersyukur
Kunci Menginginkan Pahala Akhirat = Zuhud terhadap duniawi
Kunci Keberhasilan = Do'a

Jadilah hamba yang paling bahagia :-)


Diangkat dari sebuah cerita tentang seorang yang bangun dari tidur malamnya dan merenungkan tentang apa kunci sukses hari ini.

*Jendela kamar tidur berkata: "Lihatlah dunia diluar!"
*Langit-langit kamar berpesan: "Bercita-citalah setinggi mungkin!"
*Jam dinding berdetak: "Setiap menit itu berharga!"
*Cermin mengatakan: "Berkacalah sebelum bertindak!"
*Kalender meja berbisik: "Jangan menunda sampai besok!"
*Pintu berteriak: "Dorong yang keras dan pergilah!"
*Tapi yang wajib diperhatikan adalah pesan karpet pelapis lantai: "Bersujud dan Berdoalah!"


Kesedihan dan kerinduan hanya terasa selama yang kamu inginkan dan menyayat sedalam yang kamu izinkan.. Yang berat bukan bagaimana caranya menanggulangi kesedihan dan kerinduan itu, tapi bagaimana belajar darinya.


Langit itu selalu biru, bunga selalu mekar, dan mentari selalu bersinar. Tapi ketahuilah bahwa DIA selalu memberi pelangi disetiap badai, senyum disetiap air mata, berkah disetiap cobaan dan jawaban di setiap doa.. Jangan menyerah, terus berjuanglah! Life is so beautiful..

Hidup bukanlah suatu tujuan melainkan perjalanan,, tapi Ingat!
1 hal yang buat kita bahagia adalah kasih sayang
1 hal yang buat kita dewasa adalah masalah
1 hal yang buat kita hancur adalah putus asa
1 hal yang buat kita kuat adalah do'a

Muhasabah Cinta



Senyum adalah pesan kebahagiaan yang paling cepat sampai ke hati. Jangan menunggu bahagia untuk senyum, tapi tersenyumlah untuk menyambut kebahagiaan! Tersenyumlah walaupun kau sedang merasa sedih. Kau tak akan pernah tahu kapan seseorang jatuh cinta pada senyummu. Mungkin bagi dunia kau adalah seseorang, tapi bagi seseorang kau adalah dunianya! So, tetaplah tersenyum :)



Musibah terbesar adalah keputusasaan
Rekreasi terbaik adalah berkarya
Keberanian terbesar adalah kesabaran
Guru terbaik adalah pengalaman
Misteri terbesar adalah kematian
Kehormatan terbesar adalah kesetiaan
Karunia terbesar adalah anak sholeh
Sumbangan terbaik adalah partisipasi
Modal terbesar adalah kemandirian

Ali Bin Abi Thalib



Senja meredup menutup bingkai cerita di episode rangkaian ini. Saat takbir penyesalan telah tertinggal kemarin petang, tak daya tuk merengkuh gapai kembali..

Saat di dunia telah berganti, cerita baru memulai langkah, skenario hidup tak ada yang tahu, tapi Allah menuntut kita untuk memilih jalur yang tepat..


 Sang mentari telah datang menyambut pagi yang indah. Sinarnya pancarkan senyuman keindahan dalam kehangatan. Sambutlah ia dengan senyum kebahagiaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar