Minggu, 27 Januari 2013

Dokter-dokter yang Paling 'Sembrono'


Menjadi seorang dokter dituntut memiliki ketelitian dan kewaspadaan tinggi karena yang mereka hadapi adalah tubuh manusia. Sembrono sedikit, nyawa pasien jadi taruhannya. Karena sangat sembrono, beberapa dokter ini pun harus berurusan dengan pihak berwajib.

Berikut dokter-dokter yang dianggap paling sembrono hingga sangat merugikan pasien, seperti dilansir Huffingtonpost.

1. Dr. Red Alinsod

Dr. Red Alinsod adalah seorang ginekolog (dokter kandungan) asal California. Ia dianggap sembrono karena memberikan 'merek' pada rahim pasien yang baru saja diangkatnya.

Pasiennya menuntut dengan gugatan kelalaian medis. Dalam gugatan Pengadilan Tinggi yang diajukan setelah operasi, sang pasien Ingrid Paulicivic, menuduh Dr. Red Alinsod menggunakan sebuah perangkat elektrokauter untuk mengukir dan membakar rahimnya, yang dikeluarkan pada Juni 2009.

2. Dr. Cecil Jacobson

Dr. Cecil Jacobson merupakan mantan dokter ahli kesuburan yang menggunakan sperma sendiri untuk menghamili pasiennya, tanpa memberitahu mereka. Ia ditangkap karena telah menghamili beberapa pasien wanita dengan spermanya sendiri.

Para pasien telah diberitahu bahwa mereka akan 'dihamili' melalui terapi in-vitro fertilization (IVF atau bayi tabung) dengan sperma dari donor anonim yang sesuai dengan karakteristik suaminya. Namun dengan sembrononya, sang dokter malah menggunakan spermanya sendiri. Jacobson pun dijatuhi hukuman lima tahun penjara.

3. Dr. Robert Ricketson

Seorang ahli bedah Hawai dituntut tuduhan malpraktik setelah ia sengaja memasukkan obeng, bukannya batang titanium, ke punggung seorang pasien. Dokter bernama Robert Ricketson mengaku tidak memiliki pilihan lain karena tidak memiliki batang titanium yang dibutuhkan untuk menyelesaikan operasi dengan benar.

Obeng tersebut diketahui berada di tubuh pasien, Arturo Iturralde, setelah menjalani operasi pada Januari 2001. Akibat kecerobohan sang dokter, Iturralde harus menjalani 3 operasi tambahan untuk memasukkan batang titanium yang tepat dan untuk memperbaiki komplikasi lainnya. Namun, Iturralde dilaporkan mengalami dua kelumpuhan dan akhirnya meninggal tahun kemudian.

4. Dr. James Burt

Dr. James Burt adalah salah satu orang paling 'mengerikan' yang memegang lisensi praktik kedokteran. Ia menghabiskan puluhan tahun untuk mengoperasi alat kelamin pasien perempuan, yang biasanya langsung dilakukan setelah melahirkan. Yang mengejutkan, operasi tersebut tak pernah memberitahu pasiennya terlebih dahulu.

Ia mengubah bentuk kelamin pasien dengan alasan dapat membuat mereka lebih menikmati hubungan seksual. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Banyak pasiennya harus melakukan berulang kali operasi rekonstruksi untuk memperbaiki bentuk kelamin yang terlanjur berubah.

5. Dr. Earl Bradley

Dokter anak Earl Bradley didakwa oleh pejabat Delaware, AS, dengan tuduhan pelecehan seksual terhadap 103 pasien selama periode 10 tahun. Secara keseluruhan, ia mendapat tuduhan membahayakan, melakukan penganiayaan, bahkan memperkosa pasien-pasiennya yang masih anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar