Selasa, 15 Januari 2013

Cocok Gak Sih Anda Jadi Bos?

Pemimpin yang sebenarnya lahir begitu saja, dan bukan sengaja diciptakan. Begitulah pendapat para ilmuwan setelah menemukan bahwa gen yang ada dalam tubuh seseorang berpengaruh dalam memimpin atau dipimpin.Para ilmuwan menganalisa contoh DNA 4.000 orang untuk mencari tahu hal ini. Tim yang berasal dari University College London menemukan bahwa seseorang denga gen tertentu memiliki kemungkinan sampai 25 persen untuk memiliki peran pengawasan di tempat kerja. Demikian dikutip dari Daily Mail.

Menjadi Bos Juga Ditentukan Oleh Gen
Menjadi Bos Juga Ditentukan Oleh Gen

“Kami mengidentifikasi genotipe, yang disebut rs4950, yang tampaknya dikaitkan dengan diberikannya kemampuan kepemimpinan secara turun-temurun,” ujar ilmuwan Dr Jan-Emmanuel De Neve, dalam jurnal Leadership Quarterly.

Meski setengah populasi memiliki ‘gen bos’, namun pengalaman dan lingkungan tempat tinggal tetap memainkan peran yang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan. Dengan adanya temuan ‘gen bos’ bisa saja perusahaan suatu hari nanti menjalankan tes genetik pada para pelamar kerja untuk menilai potensi kepemimpinannya.

Para ilmuwan pun mendorong agar perlindungan pada pekerja diperluas demi melawan diskriminasi genetik dalam jaminan kesehatan kerja. Dalam penelitian ini para ilmuwan menganalisa dua studi kesehatan besar di AS yakni National Longitudinal Study of Adolescent Health dan Framingham Heart Study.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar