Selasa, 16 Oktober 2012

Kopi Gajah jadi Kopi Termahal Dunia


Kopi Gajah jadi Kopi Termahal Dunia

Selama ini kopi termahal di dunia masih dipegang kopi luwak asal Indonesia. Tapi, sebuah Hotel Anantara di Chiang Rai, Thailand mengembangkan jenis kopi baru yang juga diproses dari kotoran hewan, yakni gajah. Kini kopi Asli Indonesia mulai dapat pesaing dari negeri gajah putih. Sebuah resor di Chiang Rai, Thailand, mengembangkan jenis kopi baru, yang juga diproses dari Gajah.

Gajah-gajah yang mereka pelihara di belakang resor memurnikan biji-biji kopi. Biji-biji tersebut keluar dari bersama kotoran gajah. Karenanya hotel tersebut menasbihkan kopi yang mereka kembangkan sebagai yang termahal di dunia.

“Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama proses pencernaan, enzim gajah memecah protein kopi. Protein merupakan salah satu faktor utama dari cita rasa pahit, maka pemecahan protein mengurangi rasa pahit itu sendiri,” kata resor.

 Kopi gajah asal Thailand ini emiliki harga jual dua kali lipat dari kopi luwak. Kopi gajah dibanderol USD 1.100 (Rp 10 juta) per kg atau USD 50 (Rp 480.250) per cangkir. Sebagai perbandingan, kopi luwak dijual seharga USD 500-600 (Rp 4,8-5,7 juta) per kg atau USD 30 (Rp 288.150) per cangkir.



Buat yang penasaran dengan kopi gajah, Anda bisa mencoba langsung di Thailand. Gimana? Penasaran mau coba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar