Jumat, 26 Oktober 2012

10 penjara paling berbahaya di dunia

Berikut ini adalah 10 penjara paling berbahaya di dunia. Urutan tidak disesuaikan berdasarkan yang mana yang paling berbahaya, karena masing-masing tempat memang sudah sangat berbahaya (sumber: hairygoon.com).

1. San Quentin, California

10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Penjara San Quentin sangat terkenal di California sebagai pusat kekerasan dan kebrutalan. Dibuka tahun 1852, penjara ini telah melahirkan kelompok atau geng-geng yang terkenal dengan keganasannya. Beberapa geng yang hingga kini tercatat masih aktif antara lain geng Ikhwanul Arya, Blue Bird, Crips, Blood, Mafia Mexico, Texas Syndicate, Nuestra Familia, dll.

2. Bang Kwang, Thailand
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Penjara Bank Kwang, ironisnya dikenal sebagai ‘Bangkok Hilton’, merupakan penjara yang menghukum napinya lebih secara fisiologis ketimbang fisik. Setiap tahanan baru harus melewati tiga bulan pertamanya dengan kaki dirantai besi. Jatah makanan sekali sehari; sup dan nasi. Pasangan yang sakit jarang mendapat perawatan medis (hampir tidak pernah). Penjara Bank Kwang adalah tempat bagi mereka yang pastinya akan mendapat vonis hukuman mati. Mereka akan diberitakan 2 jam sebelum hukuman suntik mati dijalankan.

3. Rikers Island, New York
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Rikers Island adalah sebuah penjara dengan keamanan tingkat tinggi, dibangun di pulau kecil yang terletak di antara Queens dan Bronx. Dibuka tahun 2000 dengan luasnya mencakup lebih dari 400 hektar dengan kapasitas 14.000 napi. Setiap tahunnya Penjara ini menghabiskan anggaran USD 860 juta untuk mempekerjakan 10.000 sipir dan lebih dari 1.500 warga sipil untuk membantu dalam kontrol. Hingga saat ini penjara di pulau Rikers ini memiliki catatan tertinggi napi bunuh diri yang merasa tidak kuat atas perlakuan extra keras para sipir.

4. ADX Florence Supermax, Colorado
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Penjara Florence Supermax Facility di Colorado didesain karena meningkatnya jumlah serangan pada penjaga tahanan. Penjara ini merupakan penjara berperingkat tertinggi dari segi keamanan, dan dibangun khusus bagi napi dengan tingkat kriminal tinggi seperti pembunuh berantai, pembantai, dsb. Pengakuan para napi, mereka sudah belajar merasakan neraka dunia sebelum nantinya masuk ke dalam neraka yang sesungguhnya.

5. Pulau Alcatraz, California
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Alcatraz adalah penjara paling terkenal di planet ini, juga dikenal sebagai ‘The Rock’ atau ‘Pulau Setan’ (ingat film ‘The Rock’ yang diperankan oleh Nicolas cage). Penjara ini dibangun tahun 1920-an dan dikhususkan untuk penjahat kejam. Alcatraz dikenal karena bentuk desainnya uang unik dan rumit sehingga untuk melarian diri bisa dikatakan mustahil. Penjara di pulau ini benar-benar terisolasi dari dunia luar. Banyak cerita-cerita seram mengenai penjara yang akhirnya ditutup tahun 1963 ini. Oleh pemerintah setempat penjara ini menjadi obyek wisata. Banyak turis yang melihat ‘penampakan’ atau hantu ketika berkunjung.

6. La Sante, Paris
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Tahun 2000, seorang kepala dokter – Veronique Vasseur, menerbitkan sebuah buku yang menyoroti kondisi buruk penjara, kotoran dan penyakit-penyakit yang terjangkit di balik dinding-dinging jeruji penjara La Sante. Dan buku ini sangat mengejutkan dunia. Dalam sejarahnya La Sante merupakan tempat penjahat Perang Dunia II, juga penjahat dunia lainnya seperti Manuel Noriega (mantan diktator Panama), Paulus Gorguloff (pembunuh Presiden Perancis, Paul Doumer), dll.

7. Diyarbakir, Turki
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Penjara Diyarbakir tercatat sebagai penjara dengan tingkat pelanggaran hak asasi manusia paling tinggi, dianggap telah melewati batas-batas kekejaman. Sejak 1981 sampai 1984, tercatat 34 napi tewas setelah menerima siksaan mental dan fisik. Pelecehan seksual dan kasus sodomi terjadi hampir setiap hari. Banyak tahanan yang mogok makan karena memilih mati ketimbang harus menghabiskan sisa hidupnya di penjara ini.

8. La Sabaneta, Venezuela
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Penjara La Sabaneta terletak di kota Caracas, Venezuela, Amerika Selatan. Caracas dikenal sebagai salah satu kota paling berbahaya di dunia dengan rekor tingkat kejahatan dan catatan kematian tertinggi. Kondisi di dalam penjara La Sabaneta pun tidak jauh berbeda. Penjara yang berkapasitas 15.000 ini harus menampung 25.000 orang. Setiap malamnya mereka harus berebut tempat tidur yang jumlahnya sangat terbatas. Januari 1994, terjadi pertempuran berdarah antara sipir dan napi yang masing-masing menggunakan senjata tajam dan senjata api. Tercatat 108 tahanan tewas. Yang lebih mengejutkan, ditahun berikutnya tercatat 196 napi tewas karena dibantai oleh sipir.

9. Tadmor, Suriah
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Penjara Tadmor kebanyakan digunakan untuk menampung para politikus atau mereka yang menentang pemerintah. Bahaya dari penjara Tadmor tidak datang dari para napi, melainkan dari para sipirnya sendiri. Mantan tahanan menceritakan bahwa para sipir di sana ibaratnya tukang jagal dengan kapak selalu menempel di tangan. Ketika percobaan pembunuhan terhadap Presiden Suriah tahun 1980 berhasil digagalkan, banyak tokoh-tokoh masyarakat yang dijebloskan ke Tadmor. Sebagai peringatan bagi warga lain yang ingin berontak, pemimpin militer tertinggi terbang di atas alun-alun penjara di mana para tahanan politik sedang berbaris. Dari atas helikopter dia membantai 500 tahanan tersebut.

10. Carandiru, Brasil
10 Penjara Paling Berbahaya di Dunia
Penjara Carandiru adalah tempat pembantaian terbesar dalam sejarah dengan jumlah total yang tewas tertinggi. Para sipir tidak tanggung-tanggung menembaki para napir yang membangkang atau tidak patuh pada peraturan di dalam penjara. Selama 46 tahun, lebih dari 1300 napi tewas akibat dibantai para sipir, terjangkit penyakit dan tertular HIV AIDS. Penjara ini akhirnya ditutup setelah banyaknya protes dan kampanye dari badan Amnesty Internasional dan hak asasi manusia.

Teman saya yang dulunya anak baik-baik - kutu buku dan rajin beribadah, masuk penjara karena tanpa sengaja menabrak orang sampai mati (yang ditabrak adalah anak pejabat yang lagi mabuk nyetir ugal-ugalan). Keluar penjara malah sekarang jadi pencandu berat…

Ternyata kondisi penjara di negara kita lumayan parah, ya… bisa merubah anak baik-baik menjadi pencandu (tidak menjamin merubah orang menjadi lebih baik).

:
sumber : http://cahayaku-cahayamu.blogspot.com/2012/01/10-penjara-paling-berbahaya-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar