Selasa, 16 Oktober 2012

Ikan Dengan Penis Di Kepala

Ikan Dengan Penis Di Kepala

 

Satu jenis ikan yang dianggap aneh, dengan penis terletak di bagian kepala, ditemukan di Vietnam, demikian menurut sebuah artikel yang diterbitkan di jurnal biologi Zootaxa.

Para ilmuwan masih belum mengerti rangkaian evolusi yang menyebabkan posisi penis ikan tersebut berada di wilayah yang dianggap tidak umum itu.

Ikan yang diberi nama latin Phallostethus Cuulongwas ditangkap dalam sebuah ekspedisi penelitian di delta Sungai Mekong di Vietnam.

Ikan ini dikelompokkan sebagai anggota ke 22 keluarga ikan jenis Phallostethidae, sekelompok ikan kecil yang memiliki ciri organ vital yang berada di bawah leher mereka.

Phallostethidae berbeda dengan rata-rata jenis ikan lain melakukan pembuahan di dalam tubuh mereka.

Lynne Parenti, kurator perikanan dari National Museum of Natural History di Washington DC membenarkan bahwa cara pembuahan ikan dalam keluarga Phallostethidae memang berbeda.

''Yang jantan menyemprotkan sperma dengan cara memasukkan penisnya ke alat kelamin ikan betina, yang sama-sama terletak di wilayah kepala,'' kata Parenti kepada National Geographic News.

Menyusul pembuahan internal tersebut, ikan betina dari spesies ini kemudian menghasilkan telur yang kemudian dikeluarkan dari tubuh dan ditetaskan di luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar