Rabu, 16 April 2014

Kenapa Jam Anda Ngaret?

jam stop watch Kenapa Jam Anda Ngaret?

Telat di kalangan masyarakat Indonesia itu memang sudah memasuki fase yang sangat mengkhawatirkan. Janjian jam berapa, berangkatnya juga jam berapa. Berjuta alasannya; macet, mobil mogok, dan sebagainya, dan sebagainya.

Nah, coba lihat ada di mana kita dalam poin berikut ini.

1. Waktu Pulau
Waktu pulau adalah metode bikin janjian yang memang tidak menyebutkan waktu yang spesifik. Pasti deh kita pernah janjian seperti ini: “Oke deh, ntar maleman ya kita ketemu.” Maleman itu jam berapa? Tidak disebutkan kan jamnya? Jadi kalau Anda janjian seperti ini dan Anda menunggu dari jam 19.00 sedangkan rekan Anda baru hadir jam 21.00, Anda tidak bisa marah juga.

2. Pasti Ditunggu
Pada dasarnya orang Indonesia itu sangat toleran.Sayangnya, toleransi ini juga diaplikasikan pada keterlambatan. Memang sih maksudnya baik, cuma kadang-kadang, ada sebagian—dan sayangnya sebagian itu sebagian besar!, orang jika dibaikin terus jadi tidak merasa kalau salah.

Contoh yang paling konkret adalah ketika Anda merencanakan rihlah dengan rekan-rekan satu pengajian. Janjian jam 08.00 pagi di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya, eh ada yang baru datang jam 08.40 dan seterusnya. Apakah Anda tega meninggalkan dia?Dari pengalaman sih, teman yang telat itu pasti ditunggu.

3. Yang Lain Juga Terlambat
Alasan yang ketiga ini merupakan dampak dari dua alasan di atas.Dua alasan di atas memungkinkan seseorang untuk datang tidak tepat waktu, dan pasti ada saja orang yang tidak datang tepat waktu.Mengetahui hal ini, Anda jadi tergoda juga untuk tidak datang tepat waktu.

Biasanya sih yang terlintas di pikiran Anda kurang lebih seperti ini: “Jika saya datang tepat waktu, paling bengong di sana nungguin yang lain. Rada nelat dikit aja kali ya?”.Semua berpikir seperti ini, ya semua jadi telat.

4. Datang Terakhir Itu Keren
Biasanya dalam acara-acara seperti rapat atau milad atau acara sejenisnya yang agak besar, orang yang dianggap keren itu datangnya telat.Yang datang duluan itu biasanya yang dianggap ‘kasta’ keenam. “Haaaaah? Ngapaaaiiiin jam segini udah berangkat?Mau ngepel dulu? Hihihihihihi.”

Nah kalau Anda biasanya kenapa tidak tepat waktu? Semoga Anda selalu tepat waktu, tentu saja!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar