Sabtu, 03 November 2012

10 Fakta Unik Tentang Donald Bebek

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu tokoh kartun Disney bernama Donald Bebek? Ya, Donald Bebek yang suka memakai topi pelaut ini telah dikenal orang lintas generasi. Dewasa ini memang sudah jarang televisi lokal yang menayangkan kartun Disney, karena telah banyak serial kartun buatan Jepang yang masuk. Salah satu hal yang menjadi ciri khas Donald Bebek adalah sifatnya yang sangat emosional, mudah marah dan gegabah dalam menghadapi permasalahan. Karena sifatnya yang tempramental itu, Donald sering kali dipecat dari pekerjaannya sehingga ia pun harus berganti-ganti pekerjaan yang berbeda.

Donald Bebek

Namun, selain gaya topi pelaut dan sifatnya yang emosional, ternyata ada banyak fakta unik yang bisa digali tentang  “Paman Donald” ini, berikut ulasannya:
  1. Donald Bebek termasuk salah satu tokoh kartun tertua di dunia, ia pertama kali tampil pada tanggal 9 Juni 1934 dalam serial berjudul “The Wise Little Hen” garapan Walt Disney yang juga merupakan adaptasi komik strip karya Charles Taliaferro. Pada tahun tersebut tentunya Indonesia masih di kuasai oleh pemerintah Belanda.
  2. Donald Bebek mempunyai nama asli “Donald Fauntleroy Duck”, nama “Fauntleroy” sendiri diambil dari sebuah baju model Fauntleroy yang mempunyai perlengkapan topi pelaut yang dipakai Donald.
  3. Sejak pertama kali muncul sampai sekarang, hanya ada dua orang yang menjadi pengisi suara asli Donald Bebek, yakni Clarence Nash dari tahun 1934 hingga 1985 dan Tony Anselmo sejak tahun 1985 hingga sekarang.
  4. Pada awal kemunculannya, Donald Bebek  mempunyai hari ulang tahun pada tanggal 9 Juni 1934. Namun pada serial kartun berjudul “The Three Caballeros” dikatakan hari ulang tahunnya pada tanggal 13 Juni, dan berganti lagi menjadi tanggal 13 Maret pada filmnya yang berjudul “Donald’s Happy Birthday”.
  5. Ada 11 tokoh kartun bebek lain yang masih mempunyai hubungan saudara dengan Donald, diantaranya adalah Hortensia Bebek dan Kweker Bebek (orang tua Donald), Gober Bebek (Kakak dari orang tua Donald), Dumbella Bebek (saudara kembar Donald), Untung Angsa (sepupu Donald), Agus Angsa (sepupu Donald), Didi Bebek (sepupu Donald), Elvira Nenek Bebek (sang nenek Donald), Kwik,Kwek dan Kwak (keponakan Donald dan anak dari Dumbella Bebek).
  6. Donald Bebek pernah menjadi film propaganda pada masa Perang Dunia II, dalam serial berjudul “Der Fuehrer Face”. Dikisahkan Donald menjadi seorang tentara Nazi Jerman yang bekerja di industri Altileri Jerman. Hidupnya sangat menderita karena ia harus bekerja dengan waktu yang panjang serta jumlah makanan yang kurang memadai. Selain itu ia juga harus berkata “Hail Hitelr” dan memperagakan hormat ala Nazi setiap melihat foto Adolf Hitler.
  7. Karena dianggap menyinggung pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler, pada masa Perang Dunia II kartun Donald Bebek dan animasi lain buatan Disney dilarang masuk ke beberapa negara Eropa yang dikuasai Jerman
  8. Dalam filmnya yang berjudul “Donald gets Drafted” ternyata Donald adalah seorang yang buta warna, ia tidak dapat membedakan warna biru dan hijau saat seleksi masuk militer.
  9. Pada tahun 1960’an banyak anak-anak di Italia yang memprotes karena Donald Bebek selalu dikisahkan menjadi seorang pecundang. Itulah sebabnya pernah muncul cerita tentang Donald Bebek yang menjadi pahlawan super, semacam Superman.
  10. Komik Donald Bebek ternyata sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1976 dengan judul “Album Donald Bebek”. Komik tersebut berukuran seperti majalah dan awalnya masih berwarna hitam putih. Anehnya, meski pembacanya sebagian anak-anak, namun banyak adegan cerita tentang percintaan Donald dan Desi Bebek, serta Miki dan Mini Tikus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar