Jumat, 02 November 2012

Mitos Unik Tentang Suara

Banyak jenis binatang yang pada saat-saat tertentu memunculkan suara yang sangat khas. Oleh sebagian masyarakat, munculnya suara binatang tersebut bisa dianggap sebagai pertanda akan terjadinya suatu peristiwa entah itu menyedihkan atau justru membahagiakan.


Contohnya adalah ketika ada cicak yang mengeluarkan suara, sedangkan di tempat itu ada orang yang sedang berbincang-bincang dengan orang lain. Masyarakat yang ada di Bali mempercayai mitos tentang suara binatang bila suara cicak tersebut merupakan pertanda bahwa apa yang sedang diperbincangan orang itu merupakan suatu kebenaran, bukan kebohongan. Apalagi jika ada orang sedang melakukan do’a kemudian ada cicak yang bersuara. Masyarakat Bali yakin jika do’a yang dipanjatkan tersebut akan terkabul pada suatu saat nanti.
Ketika mendengar suara burung gagak yang sedang bertengger di atas rumah terutama di waktu malam, orang Jawa langsung mengusir burung hantu tersebut agar segera pergi dari atap rumah dan terbang ke tempat lain yang jaraknya jauh. Mereka percaya jika suara atau ocehan burung ini merupakan tanda gaib akan adanya orang yang mau meninggal di rumah tersebut. Apalagi ketika burung gagak itu mengeluarkan ocehannya, ada orang yang sedang sakit keras dan tidak sembuh-sembuh.

Mitos tentang suara binatang tokek juga dianggap bisa dijadikan suatu pertanda apakah ada suatu peristiwa penting yang akan terjadi dan batal terjadi. Misalnya ketika ada dua orang yang sedang bercerita tentang air sungai yang meluap dan diperkirakan bisa menimbulkan bencana banjir. Bila ada suara tokek yang terdengar, orang segera menghitung berapa kali tokek itu bersuara.

Jika jumlahnya genap maka itu merupakan pertanda bencana banjir tidak akan terjadi. tapi bila jumlah suara yang muncul adalah ganjil maka orang-orang akan melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi bencana banjir yang dipercaya akan melanda daerah mereka. Mitos unik seperti ini bukan hanya terjadi di beberapa daerah di Indonesia saja, namun juga di negara Asia yang lain.

Mitos tentang suara binatang ayam juga dianggap mampu memberikan suatu pertanda yang tidak baik bagi orang Jawa terutama yang tinggal di pedesaan. Pada umumnya ayam akan berkokok pada waktu pagi atau ketika matahari akan terbit. Tapi jika ada ayam yang berkokok pada waktu tengah malam,  hal ini merupakan suatu tanda yang sangat menyedihkan. Karena di wilayah tersebut ada seorang gadis yang belum punya suami namun sudah mengandung anak atau hamil.

Apalagi jika suara kokok ayam itu terdengar hingga berhari-hari, para orang tua terutama yang punya anak gadis akan segera melakukan penyelidikan dan jika dipandang perlu, menanyakan secara langsung pada anak gadisnya tersebut. Apakah dia sudah hamil atau tidak. Itulah mitos tentang suara binatang yang sudah ada turun temurun sejak nenek moyang kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar